In-depth

Teror Atalanta, Ancaman Nyata 3 Penguasa Serie A Italia

Kamis, 8 Oktober 2020 14:09 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Giuseppe Cottini/NurPhoto via Getty Images
Lagi dan lagi Atalanta terus berkembang pesat baik di dalam dan luar lapangan, jika 'dibiarkan' terus maka akan mengancam tradisi tiga raksasa Serie A Italia. Copyright: © Giuseppe Cottini/NurPhoto via Getty Images
Lagi dan lagi Atalanta terus berkembang pesat baik di dalam dan luar lapangan, jika 'dibiarkan' terus maka akan mengancam tradisi tiga raksasa Serie A Italia.

INDOSPORT.COM - Lagi dan lagi Atalanta terus berkembang pesat baik di dalam dan luar lapangan, jika 'dibiarkan' terus maka akan mengancam tradisi tiga raksasa Serie A Italia.

Atalanta mengganas lagi! 13 gol sudah dicetak La Dea dari tiga pekan perdana saja di Serie A Italia musim 2020-2021.

Gol-gol itu diraih dari tiga kemenangan telak melawan Torino (4-2), Lazio (4-1), dan Cagliari (5-2). Atalanta seakan terus mencari korban lumbung gol terbaru.

Atalanta untuk sementara memuncaki klasemen Serie A dengan 9 poin hasil tiga kemenangan. Hanya AC Milan yang juga meraih jumlah poin yang sama saat ini.

Hal ini sudah seharusnya menjadi pertanda bahwa musim ini Atalanta adalah penantang serius scudetto Serie A 2020-2021.

Peta persaingan Serie A Italia mengalami perubahan dinamis dalam satu dekade terakhir. Melempemnya dua tim kota Milan membuat Juventus tampil dominan.

Akhirnya, tim seperti Napoli, AS Roma, dan Lazio tampil ke permukaan. Namun, banyak orang sering luput memperhitungkan Atalanta.

Ya, tim asal Kota Bergamo itu telah bertransisi dalam tiga musim terakhir. La Dea alias Sang Dewi mampu secara konsisten berkompetisi di papan atas.

© Giuseppe Maffia/NurPhoto via Getty Images
Ruslan Malinovskyi merayakan golnya dalam laga Parma vs Atalanta Copyright: Giuseppe Maffia/NurPhoto via Getty ImagesRuslan Malinovskyi merayakan golnya dalam laga Parma vs Atalanta

Bahkan, musim lalu, skuad asuhan Gian Piero Gasperini berhasil tembus perempatfinal Liga Champions dan finis tiga besar di Liga Italia.

Mereka sudah mengungguli pencapaian tim-tim macam AC Milan, Inter, Lazio, Roma, dan Napoli. Maka, sah jika Atalanta dianggap sebagai teror utama bagi tiga kekuatan tradisional Serie A, yakni Juventus, Inter Milan, dan AC Milan.

Seperti diketahui, Inter dan AC Milan tengah membangun ulang kembali kekuatan mereka musim ini. Dua tim tersebut kini juga dijagokan untuk merebut scudetto, terutama Inter Milan yang tampil impresif di bawah Antonio Conte.

Inter bahkan dianggap lebih matang saat ini ketimbang Juventus arahan Andrea Pirlo. Namun, lagi-lagi, Atalanta tampil sebagai tim yang siap membuyarkan skenario I Nerazzurri. Sama seperti Inter, sebab nyatanya, Atalanta juga sudah mencapai tingkat kematangan yang tinggi.

Kekuatan Atalanta di Bawah Gasperini

Atalanta tercatat memiliki rekor gol tertinggi di Serie A selama dua musim beruntun, dari 2018-2019 sampai 2019-2020. Dan senjata ini pula yang bakal digunakan Papu Gomez dkk musim ini.

Sebagai sebuah tim, Atalanta adalah skuad yang bermain dengan kolektivitas tinggi. Tak ada pemain yang benar-benar dominan alias memiliki skill gila-gilaan di skuad Atalanta saat ini.

Gian Piero Gasperini adalah pelatih yang gemar dengan pakem formasi 3-4-3/3-4-1-2 dan beragam variasinya. Dengan formasi ini Gasperini menerapkan sepak bola bertahan sekaligus menyerang.

Jika melihat Atalanta bermain, maka akan terlihat bagaimana pressing cukup ketat yang dimainkan anak asuhnya. Ya, Gasperini memang tak ingin memberikan kesempatan pada lawan untuk berkembang.

Strategi pressing dan marking ketat ini ditunjang dengan fleksibilitas. Biasanya tiga pemain Atalanta ditugaskan Gasperini untuk terus menekan bek lawan ketika sedang menguasai bola atau pun hendak melakukan operan.

Di tim Gasperini tak terlihat perbedaan antara bertahan dan menyerang. Dengan pressing ketat ketika bertahan, Atalanta bisa langsung menyulapnya menjadi tekanan yang agresif ke pertahanan lawan.

Para pemain Atalanta selalu siap untuk menyerang kapan pun itu. Maka tak heran mereka menjadi tim paling produktif di musim lalu dan musim ini.

Tiga penyerang mereka tampil sangat subur musim lalu, mulai dari Luis Muriel (17 gol), Josip Ilicic (15 gol/8 assist), Duvan Zapata (14 gol/6 assist), dan Papu Gomez (6 gol/15 assist).