Liga Indonesia

Pensiun Sebagai Pemain, Eks Persib Ini Punya Akademi Kiper

Minggu, 11 Oktober 2020 14:30 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Dok. Pribadi
Mantan kiper Persib, Rizky Bagja (tengah atas) saat melatih di RBP Goal Keeper Academy. Copyright: © Dok. Pribadi
Mantan kiper Persib, Rizky Bagja (tengah atas) saat melatih di RBP Goal Keeper Academy.

INDOSPORT.COM - Mantan pemain tim Persib Bandung, Rizky Bagja Permana, mencoba membagi ilmu dan pengalamannya sebagai penjaga gawang dengan mendirikan mendirikan akademi kiper. 

Menurutnya, akademi yang diberi nama RBP Goal Keeper Academy tersebut didirikan pada awal tahun 2019 di Kota Bandung. Saat itu, ia ingin kembali ke lapangan setelah hampir tiga tahun bekerja di salah satu Bank di Kota Bandung, apalagi Bagja sudah cukup lama memiliki lisensi kepelatihan. 

Sebagai informasi, sebelum menjadi pegawai Bank, Bagja sempat memperkuat Persib di era pelatih Daniel Roekito, Drago Mamic hingga Djadjang Nurdjaman (Djanur). Setelah itu, ia bergabung dengan PSGC Ciamis dan terakhir di tahun 2016 bermain untuk Persika Karawang. 

"Tapi lama-kelama gak bisa jauh dari lapangan. Saya sudah mempunyai lisensi kiper dari 2008, jadi dari Persib U-21 sudah ambil lisensi, dari pada ilmu gak kesalurkan, jadi saya buat akademi kiper di 2019 awal," kata Bagja kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT

Pria kelahiran 24 Mei 1991 ini menambahkan, setelah satu tahun lebih, akademi kipernya saat ini sudah memiliki siswa sebanyak 60 orang yang berasal dari berbagai sekolah sepak bola (SSB) dan klub di Kota Bandung. 

"Mereka siswa punya klub masing-masing, kaya di UNI, Saint Prima, Akademi Persib juga ada, jadi di sini khusus materi latihan kiper. Alhamdulillah murid sudah ada sekitar 60 orang," ungkapnya. 

Selain itu, beberapa anak didiknya saat ini sudah ada yang bergabung dengan klub Liga 3. Hal tersebut, membuat Bagja bangga lantaran ilmu dan pengalamannya bisa bermanfaat. 

"Sudah ada yang main di Elite Pro, ada satu di PSS Sleman U-19, ada di Persikab Liga 3, Persika Karawang Liga 3, kemudian di Persima Majalengka Liga 3, kebayakan Liga 3 karena usianya juga masih pada muda. Jadi Alhamdulillah, sudah ada yang masuk ke beberapa klub di Liga 3, dari RBP Goal Keeper Academy," ucap Bagja. 

Sementara itu, usia Bagja saat ini masih terbilang cukup muda yakni 29 tahun. Meski begitu, ia sudah tidak aktif sebagai pemain sepak bola profesional dan fokus bekerja sebagai pegawai Bank serta melatih di RBP Goal Keeper Academy. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%