Liga Inggris

Tak Cuma Rashford, 3 Pesepak Bola Aktif yang Juga Punya Gelar Kebangsawanan

Minggu, 11 Oktober 2020 08:59 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Bintang Manchester United, Marcus Rashford, menerima gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris. Selain dia, ada 3 pesepak bola aktif yang juga memiliki gelar itu. Copyright: © Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Bintang Manchester United, Marcus Rashford, menerima gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris. Selain dia, ada 3 pesepak bola aktif yang juga memiliki gelar itu.

INDOSPORT.COM – Bintang Manchester United, Marcus Rashford, menerima gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris. Selain dia, ada 3 pesepak bola aktif yang juga memiliki gelar itu.

Marcus Rashford merupakan salah satu pesepak bola terbaik Inggris saat ini. Baru berusia 22 tahun, ia sudah menjadi andalan bagi raksasa Liga Inggris, Manchester United, dan timnas Inggris.

Bersama Manchester United, Rashford tampil 219 kali dengan sumbangan 69 gol dan 39 assist. Ia juga mempersembahkan masing-masing satu gelar Piala FA, Piala Liga, Community Shield, dan Liga Europa.

Sementara itu, bersama timnas Inggris, Rashford mencatatkan 38 penampilan dan menyumbangkan 10 gol, serta membawa tim Tiga Singa ke peringkat tiga di Nations League 2019.

Di luar lapangan, pemuda asli Manchester itu dikenal sebagai sosok berhati mulia. Musim panas lalu, Rashford bertindak heroik dengan memperjuangkan agar kupon makan siang gratis pemerintah tetap diterima anak-anak Inggris di tengah masa pandemi Covid-19.

Subsidi itu sempat dicabut sehingga anak-anak kurang mampu terancam kelaparan. Rashford pun kemudian melakukan kampanye mendesak pemerintah agar kupon tetap diberikan.

Ia bahkan menjalin kerjasama dengan perusahaan makanan seperti Kellogg's dan Tesco, yang kemudian sepakat memberikan bantuan makanan selama enam bulan untuk anak-anak yang kurang mampu. 

Aksi itu kemudian membuatnya menerima gelar kehormatan MBE atau Member The Most Excellent Order of the British Empire, dalam rangka memperingati ulang tahun Ratu Britania Raya.

"Saya sangat tersanjung dan tidak menyangka. Sebagai pemuda kulit hitam dari Wythenshawe, saya tidak pernah berpikir saya akan menerima MBE di usia 22 tahun. Ini sangat istimewa untuk saya dan keluarga, terkhusus ibu saya yang lebih pantas mendapatkannya," ungkap Rashford. 

"Perjuangan untuk menyelamatkan anak-anak belum usai. Saya bersama komunitas akan melanjutkan aksi sosial ini karena pengangguran semakin meningkat," imbuhnya. 

Penghargaan yang sama pernah diterima sejumlah pesepak bola dengan berbagai alasan berbeda. Sejumlah bintang besar Inggris yang pernah menerimanya antara lain Alan Shearer, David Beckham, Frank Lampard, dan Steven Gerrard.

Sementara itu, bintang non Inggris yang pernah menerima kehormatan yang sama antara lain Henrik Larsson, Pele, dan Peter Schmeichel.

Selain itu, saat ini ada juga 3 pesepak bola yang masih aktif bermain, yang juga pernah menerima gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris. Berikut ini ketiga bintang sepak bola tersebut: