Liga Indonesia

Starting XI Timnas Indonesia U-19 Saat Kalahkan Korea Selatan, Apa Kabar Mereka Sekarang?

Senin, 12 Oktober 2020 16:07 WIB
Editor: Isman Fadil
© Ratno Prasetyo/ INDOSPORT
Bagaimana kabar para pemain Timnas Indonesia U-19 yang mengalahkan Korea Selatan 2013 silam? Copyright: © Ratno Prasetyo/ INDOSPORT
Bagaimana kabar para pemain Timnas Indonesia U-19 yang mengalahkan Korea Selatan 2013 silam?

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 sukses meraih kemenangan 3-2 atas Korea Selatan dalam laga terakhir penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Asia U-19 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (12/10/13). Bagaimana kabar para pemain yang tampil di laga tersebut?

Stadion GBK menjadi saksi bisu saat Timnas U-19 menjamu Korea Selatan tujuh tahun silam. Garuda Nusantara menjalani laga pamungkas grup Kualifikasi Piala Asia U-19. Duel hidup mati ini memperebutkan tim yang akan lolos langsung ke Myanmar tahun berikutnya.

Skuat asuhan Indra Sjafri kala itu tampil dengan kekuatan terbaik, dengan Evan Dimas mengemban sebagai kapten tim. 

Meski Korea Selatan sebagai tim yang diunggulkan, semangat juang yang tidak kenal lelah dari para pemain Timnas Indonesia U-19 membuat 50 ribu pasang mata yang menyaksikan langsung laga tersebut bersorak gembira.

Evan Dimas menjadi pahlawan kemenangan berkat hattrick-nya ke gawang Korea Selatan pada menit 30,49, dan 87. Tim Negeri Gingseng muda cuma membalasnya dua gol melalui Seol Tae Su dan Suh Myeongwon.

Kemenangan 3-2 atas Korea Selatan membuat Indonesia lolos langsung ke putaran final Piala Asia U-19 2014 di Myanmar. Lalu, apa kabar para pemain Timnas Indonesia U-19 yang tampil pada laga tersebut? 

Ravi Murdianto

Ravi Murdianto bergabung ke Mitra Kukar usai Piala Asia U-19 2014. Kini penjaga gawang berusia 25 tahun yang juga anggota TNI itu memperkuat klub Liga 1 2020, Persikabo. Ravi belum sekalipun mendapatkan panggilan Timnas Indonesia level senior.

Putu Gede

Putu Gede saat ini memperkuat Bhayangkara FC. Bersama The Guardian, bek kanan berusia 25 tahun ini sukses meraih gelar juara Liga 1 2017.

Pemain kelahiran Gianyar, Bali, ini juga masuk anggota skuat Timnas Indonesia U-23 saat meraih medali perunggu di SEA Games 2017 lalu. Performanya yang cukup konsisten membuat Putu Gede beberapa kali mendapatkan panggilan Timnas Indonesia senior.

Muhammad Fatchurohman

Bek kiri Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF 2013 dan Kualifikasi Piala Asia U-19 2014, saat ini memperkuat Bhayangkara FC dan menjadi bagian dalam kesuksesan menjuarai Liga 1 2017, Fatchurohman juga tercatat sebagai anggota polisi.

Muhammad Sahrul Kurniawan

Pernah menjadi bagian skuat Bhayangkara FC saat menjuarai Liga 1 2017, Sahrul Kurniawan kemudian hengkang ke PSS Sleman pada musim 2018.

Sulitnya mendapatkan waktu bermain di PSS Sleman, Sahrul memilih Persiba Balikpapan sebagai klub barunya untuk Liga 2 2020.

Hansamu Yama Pranata

Hansamu Yama saat ini memperkuat Persebaya Surabaya sejak tahun 2019 setelah empat musim memperkuat Barito Putera. Bek 25 tahun ini pernah mendapatkan medali perunggu SEA Games 2017 bersama Timnas Indonesia U-23 dan masuk skuat Timnas Indonesia senior di Piala AFF 2016.

Evan Dimas Darmono

Evan Dimas adalah bukti kejelian Indra Sjafri dalam menemukan bakat pemain. Sempat memperkuat klub Malaysia Selangor FA dan trial di dua klub Spanyol, Llagostera dan Espanyol B, Evan kini bermain untuk Persija Jakarta.

Sebelum bersama Persija, Evan Dimas juga pernah berseraam Bhayangkara FC dan Barito Putera. Puncaknya adalah ketika membawa Bhayangkara FC juara Liga 1 2017.

Gelandang kreatif berusia 25 tahun ini beberapa kali mendapatkan panggilan Timnas Indonesia senior. Sementara di kancah SEA Games, Evan Dimas juga tampil dalam dua edisi terakhir tahun 2017 (perunggu) dan 2019 (perak).

Muhammad Hargianto

Hargianto tercatat masih bermain untuk Bhayangkara FC. Sempat dipinjamkan ke Persija Jakarta, gelandang berusia 24 tahun ini juga pernah bermain untuk Timnas Indonesia U-23 dan senior.

Terakhir, Hargianto berlaga bersama Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2018 asuhan Bima Sakti.

Maldini Pali

Setelah melejit bersama Timnas Indonesia U-19, Maldini Pali sempat bergabung dengan PSM Makassar, Sriwijaya FC, hingga Bhayangkara FC. Pada 2017, Maldini diangkat menjadi Anggota Polri.

Namun winger lincah berusia 25 tahun ini lebih banyak duduk di bangku cadangan sehingga memilih hengkang ke Kalteng Putra pada musim 2019 hingga sekarang.

Zulfiandi

Zulfiandi kini bermain untuk Madura United di Liga 1 2020. Mantan pemain Sriwijaya FC juga langganan masuk Timnas Indonesia senior dan meraih medali perak di SEA Games 2019 bersama Timnas U-23.

Ilham Udin Armaiyn

Ilham Udin Armaiyn saat ini bermain untuk Barito Putera di Liga 1 2020. Mantan winger Selangor dan Bhayangkara FC itu juga sempat mendapatkan panggilan Timnas Indonesia.

Muchlis Hadi Ning

Muchlis Hadi juga merupakan pemain alumni Timnas Indonesia U-19. Bersinar di level junior, bakat Muchlis menguap saat tampil di level senior.

Pada 2017, Muchlis Hadi sempat berseragam Bhayangkara FC. Pemain asal Mojokerto itu juga diangkat menjadi anggota Polri. Namun, kebersamaan di skuat The Guardian hanya sebentar karena gagal bersaing.

Setahun kemudian, Muchlis Hadi bergabung dengan Persib Bandung. Akan tetapi, Muchlis hanya mencatatkan enam kal bermaini dan mencetak 1 gol. Pada awal 2020, Muchlis Hadi dilepas Maung Bandung dan kini belum diketahui kelanjutan kariernya.

Susunan pemain Timnas Indonesia U-19 vs Korea Selatan: 1-Ravi Murdianto; 2-Putu Gede, 5-Muhammad Fatchurohman, 13-Muhammad Sahrul, 16-Hansamu Yama Pranata; 6-Evan Dimas Darmono, 8-Muhammad Hargianto, 15-Maldini, 19-Zulfiandi; 20-Ilham Udin; 10-Muchlis Hadi Ning.
 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%