In-depth

Duet Haaland-Odegaard, Duo Maut yang Dibutuhkan Tim Raksasa Eropa

Selasa, 13 Oktober 2020 15:17 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Frmn/Indosport.com
Duet Erling Haaland dan Martin Odegaard di Norwegia begitu gemilang sampai-sampai membuat mereka layak masuk buruan utama di bursa transfer musim mendatang. Copyright: © Grafis:Frmn/Indosport.com
Duet Erling Haaland dan Martin Odegaard di Norwegia begitu gemilang sampai-sampai membuat mereka layak masuk buruan utama di bursa transfer musim mendatang.

INDOSPORT.COM - Duet Erling Haaland dan Martin Odegaard di Timnas Norwegia begitu gemilang sampai-sampai membuat mereka layak masuk sebagai buruan utama di bursa transfer musim mendatang.

Sepak bola Eropa kembali dikejutkan dengan aksi pemuda ajaib, Erling Haaland. Kali ini aksi gemilangnya terukir bersama Timnas Norwegia.

Haaland pun tak sendiri, karena kali ini, ia ditemani teman duet super bernama Martin Odegaard. Dua pemain belia ini tampil fantastis kala negaranya menggilas Rumania dengan skor 4-0 pada laga Grup E UEFA Nations League, Minggu (11/10/20) kemarin.

Haaland melanjutkan tren positifnya dengan mencetak hattrick dari empat gol yang tercipta bagi Norwegia malam itu. Dan ia tak sendiri, karena dua dari tiga gol Haaland datang dari sang gelandang, Martin Odegaard.

Kualitas keduanya memang sudah tak diragukan lagi karena di level klub, mereka sudah menjadi bintang andalan. Erling Halaand yang baru berusia 20 tahun menjadi andalan di lini depan Borussia Dortmund.

Musim lalu Haaland mencetak total 44 gol dan 10 assist dari 40 laga untuk Borussia Dortmund dan RB Salzburg. Sementara musim ini ia sudah menorehkan 5 gol dan 2 assist dari 5 pertandingan.

Ia pun dikabarkan menjadi incaran utama tim-tim besar seperti Real Madrid, Manchester United, Manchester City, sampai Bayern Munchen.

Sementara itu, lain Haaland, lain Martin Odegaard. Pemain satu ini justru 'dipinggirkan' oleh klubnya, Real Madrid.

Pada musim lalu, Odegaard dipinjamkan ke klub Real Sociedad. Di klub tersebut, pemain 21 tahun itu ternyata mampu tampil luar biasa.

Ia sanggup tampil reguler dengan catatan 36 penampilan di semua kompetisi dengan kontribusi 7 gol dan 9 assist. Ia pun jadi gelandang serang muda paling menjanjikan di LaLIga.

Tak heran klub Real Madrid memintanya kembali musim ini. Sejauh ini, Odegaard sudah mendapat tiga kali kepercayaan tampil untuk Los Blancos. Padahal di musim sebelumnya, ia jarang dilirik oleh Zidane.

Tak diragukan lagi, Erling Haaland dan Martin Odegaard pun menjadi buruan panas di bursa transfer musim mendatang. Real Madrid menjadi yang terdepan dalam perburuan ini.

Selain ia telah memiliki Odegaard, Madrid tinggal mengajak Erling Halaand untuk bergabung ke Santiago Bernabeu. Dilansir dari data Transfermarkt, saat ini Halaand memiliki nilai pasar 89 juta euro.

Namun Dortmund diyakini bakal meminta lebih. Real Madrid memang tengah membutuhkan pengganti untuk Karim Benzema yang sudah mulai menua. Namun jangan lupakan pula Manchester City, kabarnya City ingin agar Haaland datang untuk menggantikan Aguero.

Erling Haaland dan Martin Odegaard diyakini akan bergabung dengan talenta-talenta muda berbahaya lainnya seperti Kylian Mbappe, Mason Mount, Ansu Fati, dan lainnya dalam bursa transfer pemain Eropa di masa mendatang.

Namun di balik itu semua, rakyat Norwegia pun patut bersyukur karena mereka tengah memiliki generasi emas di lini depan tim sepak bola mereka yang mengandalkan pemain muda, seperti halnya rekrutan AC Milan Jens Petter Hauge.

Haaland kini telah mencatatkan 6 caps dan 6 gol bersama timnas senior, sementara Martin Odegaard telah membuat 24 penampilan di level senior hanya di usia 21 tahun saja. Norwegia kini tak lagi dipandang sebelah mata.