In-depth

Kilas Balik: Kala Chelsea Juara Liga Inggris dengan Kebobolan 15 Gol Saja

Rabu, 14 Oktober 2020 21:01 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© INDOSPORT
Mengenang pencapaian apik Chelsea kala kebobolan 15 gol saja dalam 38 pertandingan di Liga Inggris. Copyright: © INDOSPORT
Mengenang pencapaian apik Chelsea kala kebobolan 15 gol saja dalam 38 pertandingan di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM – Berbicara soal Liga Inggris, para pecinta sepak bola akan membicarakan bagaimana ketangguhan Arsenal kala meraih ‘Invicibles’ atau Manchester United kala meraih treble. Namun, semua itu nampaknya tak lebih hebat jika menilik torehan Chelsea di musim 2004/05.

Sejak format baru Liga Inggris diterapkan pada tahun 1992, gelar juara telah didapatkan sejumlah tim di mana Manchester United mampu menjadi peraih gelar terbanyak dengan 13 gelar.

Raihan Man United ini membuat klub berjuluk Setan Merah ini dicap sebagai klub terbaik dalam format baru Liga Inggris. Wajar jika melihat sepak terjang anak asuh Sir Alex Ferguson baik di era 1990 an hingga 2000 an.

Namun, sehebat apapun torehan Man United yang mampu meraih 13 gelar dianggap tak ada apa-apanya jika dibandingkan trofi bermahkotakan emas yang didapat Arsenal pada musim 2003/04.

Pada musim tersebut, The Gunners secara perkasa mampu meraih gelar dengan status tak terkalahan dalam 38 laga dengan rincian 26 kemenangan dan 12 kali hasil imbang.

Raihan bertajuk ‘The Invicibles’ itu membuat Arsenal duduk dipuncak klasemen dengan total 90 poin. Hingga saat ini, torehan The Gunners itu tak dapat disamai tim Liga Inggris lainnya.

Akan tetapi, torehan apik Arsenal dengan ‘The Invicibles’-nya yang ternyata hampir saja dipatahkan oleh Chelsea satu musim setelahnya saat Jose Mourinho tiba.

Musim 2004/05 menjadi musim penuh rekor di Liga Inggris. Catatan 90 poin Arsenal mampu dipatahkan oleh Chelsea yang keluar sebagai kampiun dengan torehan 95 poin.

Sejatinya, Chelsea bisa saja menyamai atau bahkan melebihi catatan ‘The Invicibles’ Arsenal. Sayang, satu gol dari titik putih hasil eksekusi Nicolas Anelka menghancurkan mimpi The Blues.

Namun, pembahasan bukan soal kegagalan Chelsea menyamai atau melebihi ‘The Invicibles’. Karena kegagalan itu mampu ditutupi oleh The Blues dengan catatan hebat lainnya, yakni kebobolan 15 gol saja dalam satu musim Liga Inggris.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%