Bola Internasional

Ini Alasan Shin Tae-yong Tunjuk Pratama Arhan Jadi Kapten Timnas Indonesia U-19

Kamis, 15 Oktober 2020 19:31 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor:
© Media Officer PSSI/Bandung Saputra
Ini Alasan Shin Tae-yong Tunjuk Pratama Arhan Jadi Kapten Timnas Indonesia U-19 saat laga kontra Makedonia Utara, Rabu (14/10/2020). Copyright: © Media Officer PSSI/Bandung Saputra
Ini Alasan Shin Tae-yong Tunjuk Pratama Arhan Jadi Kapten Timnas Indonesia U-19 saat laga kontra Makedonia Utara, Rabu (14/10/2020).

INDOSPORT.COM - Pratama Arhan baru saja diberikan kepercayaan Shin Tae-yong untuk menjadi kapten timnas Indonesia U-19 saat laga kontra Makedonia Utara.

Dalam uji coba jilid kedua kontra Makedonia Utara pada Rabu (14/10/2020) malam WIB, Shin tae-yong memang melakukan banyak rotasi.

David Maulana yang biasanya menjadi kapten tiba-tiba dicadangkan. Kemudian Rizky Ridho yang biasanya mengambil alih ban kapten juga tidak dimasukan sebagai starter.

Setelah pertandingan selesai, Shin Tae-yong menjelaskan alasan mengapa memilih Pratama Arhan sebagai kapten. Selain karena David Maulana dan Rizky Ridho menjadi cadangan ternyata Pratama Arhan sudah dipilih sejak awal untuk menjadi wakil kapten yang ketiga.

"Sebenarnya, kapten (timnas Indonesia U-19) adalah David Maulana," kata Shin Tae-yong dilansir Youtube PSSI TV.

"Untuk wakil kapten ada Rizky Ridho dan Pratama Arhan. Karena David dan Ridho tidak jadi starter, maka kaptennya Arhan," ucapnya menambahkan.

Kemudian, Pratama Arhan mengaku sangat bangga bisa dipilih sebagai wakil kapten. Bek PSIS Semarang itu berjanji akan selalu dewasa di lapangan supaya bisa menjadi panutan rekan-rekannya.

"Untuk TC yang sebelumnya memang sudah ditentuin kalau kapten utama David, terus wakilnya ada saya sama Ridho," ujar Pratama Arhan.

"Yang pasti saya harus selalu tanggung jawab memimpin temen-temen jangan sampai saya emosi sendirilah kalau lagi main," tuturnya menambahkan. 

Sementara itu dalam pertandingan uji coba jilid kedua kontra Makedonia Utara, timnas Indonesia U-19 justru tidak bisa mencetak gol. Mengandalkan Jack Brown di lini depan, mereka harus puas bermain dengan skor imbang 0-0.

Di laga selanjutnya, Shin tae-yong harus memutar otak lebih keras karena akan kembali berhadapan dengan lawan berat yakni timnas Bosnia-Herzegowina U-19.

Di pertemuan pertama pada akhir September 2020 lalu, timnas Indonesia U-19 pernah dikalahkan Bosnia-Herzegowina dengan sko tipis 0-1.