Liga Indonesia

Jadwal Peresmian Venue PON XX Alami Perubahan

Sabtu, 17 Oktober 2020 15:19 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Herry Ibrahim
© Sudjarwo/INDOSPORT
Suasana di Stadion Lukas Enembe, Papua, jelang persemian. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Suasana di Stadion Lukas Enembe, Papua, jelang persemian.

INDOSPORT.COM - Jadwal peresmian sembilan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX mengalami perubahan. Panitia peresmian telah menetapkan jadwal bergeser pada Jumat (23/10/20) dari semula Selasa (20/10/20).

Kepastian perubahan jadwal peresmian itu disampaikan ketua panitia sekaligus ketua harian Panitia Besar (PB) PON XX Papua, Yunus Wonda.

Yunus menjelaskan, perubahan agenda peresmian sembilan venue itu diputuskan untuk memberikan renggang waktu bagi panitia untuk menyiapkan persiapan acara yang akan digelar secara virtual.

"Karena situasi pandemic, terjadi pergeseran ke tanggal 23 Oktober, ini dilakukan supaya atlet dan bidang acara bisa menyiapkan persiapan lebih bagus untuk digelar secara virtual," ujar Yunus kepada wartawan termasuk awak media olahraga INDOSPORT, Sabtu (17/10/20).

Seremonial peresmian venue PON XX dipastikan akan digelar virtual lantaran tidak mendapatkan izin dari pihak kepolisian terkait kondisi pandemic.

"Dalam pertemuan beberapa hari terakhir dengan pihak Polda kami terus berdiskusi perihal izin keramaian. Dan kami semua menyadari karena situasi masih pandemic. Kami tidak bisa dapat ruang untuk dihadiri oleh pengunjung dalam jumlah besar, sehingga kami sepakat dilakukan secara virtual," jelasnya.

Seremonial tersebut rencananya hanya akan dihadiri oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe, jajaran Muspida dan beberapa kalangan tertentu. Hanya saja, Yunus belum bisa memastikan berapa jumlah pengunjung yang akan hadir bersama rombongan Gubernur pada peresmian tersebut.

"Kita belum tahu pastinya berapa jumlahnya nanti yang akan mendampingi Pak Gubernur untuk hadir di kegiatan peresmian," jelasnya.

Nantinya, dalam seremonial peresmian tersebut akan menyajikan laga eksebisi antara tim sepak bola Papua menghadapi tim sepak bola Jawa Timur. Selain laga eksebisi, akan ada sejumlah hiburan, salah satunya tari-tarian yang menonjolkan adat dan budaya Papua. Peresmian ini rencananya akan disiarkan secara langsung di stasiun TV swasta dan live streaming via youtube.

Sembilan venue yang akan diresmikan yakni Stadion Lukas Enembe, Lapangan Softball dan Baseball, GOR STT Gidi, Lapangan Menembak Indoor dan Outdoor, Lapangan Tenis, Arena Voli Indoor dan Pasir yang berada di klaster Kota dan Kabupaten Jayapura, dan Lapangan Futsal di klaster Kabupaten Mimika.