In-depth

Sejarah Skandal Bola Pantai Liverpool yang 'Membunuh' Tuannya Sendiri

Sabtu, 17 Oktober 2020 12:05 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Twitter Premier League
Kiper Liverpool, Pepe Reina, terkecoh lantaran bola sepakan lawan membentur bola pantai dalam laga Liga Inggris kontra Sunderland, 17 Oktober 2009. Copyright: © Twitter Premier League
Kiper Liverpool, Pepe Reina, terkecoh lantaran bola sepakan lawan membentur bola pantai dalam laga Liga Inggris kontra Sunderland, 17 Oktober 2009.

INDOSPORT.COM - Sepak bola menawarkan beragam hiburan kepada penonton. Tidak menutup kemungkinan pula terjadi keanehan yang malah membuat olahraga ini semakin berwarna seperti kejadian unik di Liga Inggris 2009-2010, tepatnya dalam pertandingan Sunderland versus Liverpool.

Tepat hari ini, 11 tahun silam (17 Oktober 2009), Liverpudlian yang menyaksikan laga, entah secara langsung di stadion maupun lewat layar kaca tentu tak akan pernah bisa melupakan satu momen konyol di depan gawang Liverpool ketika waktu permainan bahkan belum genap lima menit.

Sunderland melancarkan serangan. Tampak normal dan tidak ada yang istimewa, tapi segalanya berubah sesaat setelah Darren Bent melepas tembakan spekulasi ke gawang Liverpool menyambut bola liar hasil crossing kurang sempurna dari sektor kanan.  

Arah tembakan Bent seharusnya ke tiang dekat di mana kiper Liverpool, Pepe Reina, terlihat sudah sangat siap menghalau bola. Apa yang terjadi kemudian? Si kulit bulat berubah arah lantaran membentur objek asing berupa bola karet berwana merah.

Objek asing yang belakangan kerap disebut beach ball atau bola pantai itu ternyata masuk ke dalam lapangan karena dilemparkan oleh salah satu pendukung Liverpool. Kok bisa begitu? 

Faktanya bola pantai itu bergambar logo Liverpool. Pendukung yang melempar, atau lebih tepat dibilang meninjunya, diketahui merupakan seorang bocah berusia belasan tahun dan kejadian ini memang murni ketidaksengajaan.

Apesnya, malah Liverpool yang merugi karena gol kontroversial itu dianggap sah oleh wasit Mike Jones. Kubu tuan rumah sempat melancarkan protes mengingat aturan sesungguhnya mewajibkan sang pengadil berlaku sebaliknya.

Namun, keputusan Jones sudah bulat dan Sunderland pun memimpin 1-0 berkat gol tersebut. Kedudukan ini bahkan terus bertahan hingga bubaran setelah berbagai upaya Liverpool untuk membalas sepanjang laga tak membuahkan hasil.

Terbilang menyakitkan mengingat Jones sebetulnya sudah 'berbaik hati' memberikan injury time selama tujuh menit, namun sisa waktu yang lumayan panjang toh tidak bisa dimaksimalkan para pemain Liverpool.

"Insiden bola pantai bisa saja terjadi di pertandingan mana pun. Situasi ini buruk buat kami, tapi permainan kami memang kurang bagus," kata pelatih Liverpool kala itu, Rafael Benitez, seperti dilansir The Telegraph.   

Pasca-laga, kontroversi bola pantai Liverpool terus diperbincangkan, salah satunya oleh mantan wasit Liga Inggris bernama Jeff Winter. Dia tidak habis pikir melihat keputusan Mike Jones mengesahkan gol 'hoki' Sunderland.

"Bola merah itu dalam Laws of the Game dikategorikan sebagai gangguan dari luar. Wasit seharusnya menghentikan pertandingan ketika hal itu terjadi. Sungguh aneh, wasit Mike Jones justru kian yakin mengesahkan gol setelah berdiskusi dengan asisten wasit," cetus Jeff Winter.

Namun, FA bergeming dan tak mengubah kemenangan tipis Sundeland atas Liverpool. Sungguh sebuah kisah bersejarah yang belum tentu terulang kembali di masa depan. 

Susunan Pemain

Sunderland (4-4-2): 1-Gordon; 2-Bardsley, 5-A. Ferdinand, 3-McCartney (16-Henderson 45'), 4-Turner; 19-Cana, 39-Cattermole (7-Zenden 58'), 8-Malbranque, 20-Reid; 11-Bent, 17-K. Jones (9-F. Campbell 66')
Cadangan: 32-Fulop, 6-Nosworthy, 22-P. Da Silva, 23-Healy
Pelatih: Steve Bruce

Liverpool (4-3-3): 25-Reina; 2-Johnson, 23-Carragher, 37-Skrtel (10-Voronin 72'), 12-Aurelio; 21-Leiva, 5-Agger, 26-Spearing (20-Mascherano 73'); 15-Benayoun, 18-Kuyt, 19-Babel (24-N'Gog 81')
Cadangan: 1-Cavalieri, 11-Riera, 22-Insua, 34-Kelly
Pelatih: Rafa Benitez (Spa)

Stadion: Stadium of Light (47.327)
Gol: Bent 5'
Wasit: Mike Jones
Kartu Kuning: Cana, Reid (S)/Kuyt (L)
Kartu Merah: -

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%