Bola Internasional

Dihujani Pemain Keturunan, Intip Tangguhnya Lini Belakang Masa Depan Timnas Indonesia

Jumat, 23 Oktober 2020 18:10 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Justin Quincy Hubner, pemain keturunan Indonesia-Belanda di Wolves Copyright: © Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Justin Quincy Hubner, pemain keturunan Indonesia-Belanda di Wolves

INDOSPORT.COM - Banyaknya pemain keturunan Indonesia yang tangguh dan berposisi di lini belakang tampaknya dapat menjadi angin segar untuk masa depan Timnas Indonesia kelak. Lantas, siapa sajakah pemain keturunan yang berposisi menjaga barisan pertahanan sebuah tim?

Tanpa mengurangi rasa hormat penulis sebelumnya, sejatinya banyak pemain lokal di Timnas Indonesia muda, terutama di level U-19 yang layak disejajarkan dengan para pemain keturunan Indonesia sepantaran yang berada di Eropa.

Sebut saja Bagas Kaffa yang telah teruji dan menjadi andalan Shin Tae-yong di lini belakang Timnas Indonesia U-19. Lalu ada Rizky Ridho, Pratama Arhan, Bayu Fikri, hingga Komang Teguh yang dibawa oleh Shin Tae-yong dalam TC Timnas Indonesia U-19 di Kroasia.

© bagaskaffaa
Bintang timnas Indonesia, Bagas Kaffa Copyright: bagaskaffaaBintang timnas Indonesia U-19, Bagas Kaffa

Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri pula bila terdapat beberapa pemain muda keturunan Indonesia di Eropa yang layak mendapatkan perhatian dari Shin Tae-yong. Persoalan cocok atau tidaknya kriteria yang dimiliki pemain muda ini nantinya akan dinilai oleh eks pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Hal ini pun didukung oleh Shin Tae-yong sendiri. Pria berusia 51 tahun ini mengakui bahwa dirinya bersama tim PSSI tengah memantau perkembangan para pemain keturunan Indonesia yang mungkin bisa ia panggil untuk menjalani TC Timnas Indonesia U-19 nantinya.

Meskipun begitu, Shin Tae-yong mengakui bahwa ia tidak akan sembarangan dalam memilih pemain keturunan untuk bergabung bersama Timnas Indonesia U-19. Hal utama yang harus dimiliki tentunya adalah harus punya kualitas.

"Dalam pencarian pemain keturunan kami dibantu PSSI, tim pelatih dan ofisial timnas U-19. Kami sudah mempunyai data beberapa nama pemain dan sudah melakukan pembicaraan ke sejumlah pemain keturunan," kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menegaskan bahwa ia betul-betul melihat kemampuan pemain keturunan yang akan ia panggil ke Timnas Indonesia. Bahkan, dirinya mengakui ada banyak tahapan yang ia lalui dalam melihat satu pemain.

"Pemain kami lihat dari curriculum vitae (CV), administrasi, analisa video dan setelah itu kami datangkan saat menjalani pemusatan latihan (TC) untuk melihat kualitasnya secara langsung," tegas Shin Tae-yong.

© Naufal/PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, SHin Tae-yong. Copyright: Naufal/PSSIPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Kini Shin Tae-yong pun tak menutup kemungkinan akan kembali memanggil pemain keturunan lainnya. Bisa saja dalam pemusatan latihan selanjutnya, ia akan memanggil pemain baru.

"Pada TC selanjutnya mungkin saja kami mendatangkan pemain keturunan sambil melihat perkembangan," pungkas Shin Tae-yong.

Apa yang diucapkan Shin Tae-yong memang selaras dengan kondisi di lapangan. Ada cukup banyak pemain muda Tanah Air yang berkiprah di luar negeri, baik keturunan maupun asli Indonesia. Hal ini sejatinya bisa menambah opsi bagi sang pelatih untuk menyambut turnamen sesungguhnya.

Bahkan saking banyaknya pemain keturunan Indonesia di luar negeri, terdapat beberapa pemain yang mampu mengisi sektor pertahanan Timnas Indonesia U-19 dari segala lini.

Hal ini dikarenakan pemain-pemain tersebut mampu menempati setiap sektor lini pertahanan, baik itu bek kiri, tengah, maupun kanan. Bahkan sektor hingga kiper sekalipun.

Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT rangkum para pemain muda keturunan Indonesia yang berposisi di sektor pertahanan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
8%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
8%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
54%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
8%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
23%