Liga Indonesia

Ogah Ikut Jejak Atep jadi Politisi, Firman Utina Fokus Bina Pemain Muda

Sabtu, 24 Oktober 2020 16:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Mantan pemain Persib Bandung, Firman Utina menegaskan tidak akan turun ke dunia politik, seperti rekan setim saat di Maung Bandung, Atep Rizal. Copyright: © Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Mantan pemain Persib Bandung, Firman Utina menegaskan tidak akan turun ke dunia politik, seperti rekan setim saat di Maung Bandung, Atep Rizal.

INDOSPORT.COM - Mantan pemain Persib Bandung, Firman Utina menegaskan tidak akan turun ke dunia politik, seperti rekan setim saat di Maung Bandung, Atep Rizal. Firman lebih memilih fokus membina pemain muda.

Seperti diketahui, Atep memutuskan maju di Pilkada Kabupaten Bandung 2020 sebagai calon wakil bupati, berpasangan dengan Yena Rohaniah Iskandar. Ia bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Keputusan Atep pun dinilai sah saja oleh Firman Utina, karena rekannya tersebut punya hak dan kapasitas menjadi pemimpin. Namun, saat disinggung apakah akan mengikuti jejak Atep, Firman dengan tegak menolak.

"Seperti yang saya bilang, sepak bola itu juga penuh wawasan dan Atep selama aktif bermain bagus dan akhirnya ambil langkah ke politisi. Sah-sah saja, padahal harapan saya dia jadi ketua umum (PSSI)," tuturnya saat sesi 'Ngopi Sore' di Instagram Tangcitymall.

"Saya lebih baik bina pemain, bantu bakat muda untuk jadi pesepakbola yang baik,  buat bantu program PSSI dan kurikulum PSSI, filanesia," imbuh Firman Utina.

Setelah memutuskan pensiun pada 2017 lalu, Firman Utina memang fokus membangun akademi sepak bola miliknya, FU15. Ia terjun langsung mengajarkan dan memotivasi anak-anak untuk menjadi pesepakbola profesional.

"Selama pandemi, lebih jaga kesehatan, jaga kebugaran dan latih anak-anak di akademi FU15. Setelah pensiun saya fokus bangun bibit usia muda tepatnya di Tangerang sejak 2016, jadi sudah sekitar empat tahun," pungkas pria 38 tahun itu.

Selama aktif di sepak bola, Firman Utina dan Atep pernah membawa Persib Bandung meraih kejayaan. Keduanya mengantarkan Maung Bandung juara Indonesian Super League (ISL) 2014 dan juara Piala Presiden 2015.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%