Bola Internasional

Kagumi Timnas Indonesia U-19, Media Vietnam Soroti dan Iri dengan Keuangan PSSI

Minggu, 25 Oktober 2020 18:49 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor:
© PSSI
Kagumi pencapaian gemilang Timnas Indonesia U-19 kala berlatih di Kroasia, media Vietnam soroti dan iri dengan sokongan uang PSSI. Copyright: © PSSI
Kagumi pencapaian gemilang Timnas Indonesia U-19 kala berlatih di Kroasia, media Vietnam soroti dan iri dengan sokongan uang PSSI.

INDOSPORT.COM - Gara-gara efek Shin Tae-yong yang berjasa sulap Timnas Indonesia U-19, Vietnam pun tunjukkan rasa kagumnya. Melalui media lokal, mereka iri dengan sokongan dana PSSI yang tidak bisa didapat Timnas Vietnam U-22.

Negara yang terkenal dengan bunga mawar ini cenderung menjadi musuh bebuyutan Indonesia. Salah satu contoh nyatanya ialah ketika mereka menjadi penghadang utama perebutan medali emas di ajang SEA Games 2019 lalu.

Ketika itu Timnas Indonesia U-22 kalah lawan Vietnam dengan skor telak 0-3. Pelatih Park Hang-seo berhasil membuat timnya cicipi medali emas meskipun terkesan dianggap bermain curang, apalagi saat Evan Dimas harus tersingkir karena cedera.

Belum sempat bertemu lagi, kabar mengagetkan kini justru mengitari Garuda Nusantara usai berhasil tampil menjanjikan pada gelaran latihan di Kroasia. Melalui media Phapluat, Vietnam lantas tunjukkan rasa terpukau melihat perkembangan Indonesia.

"Timnas Indonesia yang kalah di kejuaraan SEA Games tahun lalu tampil cukup menjanjikan usai jalani latihan di Kroasia dan dapat undangan turnamen Toulon di Prancis. Akibat pandemi, Timnas U-19 mereka malah menempa diri dan kian hebat," sepenggal artikel itu.

"Tertundanya turnamen Piala Asia U-19 oleh AFC buat mereka pilih kembangkan diri lewat jalur latihan dua bulan di Kroasia lawan tim seumuran. Mereka kini nampak bakal tampil imresif sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 depan,"

Punya catatan apik selama program latihan yang tentunya butuh banyak uang, media yang sama pun membandingkan kesejahteraan badan naungan sepak bola mereka dengan Negara Seribu Pulau. Maklum, mereka lebih banyak habiskan latihan di negara sendiri.

"Timnas Indonesia U-19 tak kekurangan uang untuk mengejar gelar juara sepak bola putra SEA Games ke-31 yang akan dihelat di Vietnam. Alih-alih diam karena pandemi, organisasi mereka (PSSI) berhasil berikan dukungan untuk berlatih," tulis salah satu paragraf lainnya.

Dalam total 11 pertandingan uji coba, kualitas dari skuat asuhan Shin Tae-yong benar-benar mengejutkan. Salah satu yang cukup menggegerkan ialah kala mereka kandaskan perlawanan pemimpin klasemen liga Kroasia, Hajduk Split dengan skor 4-0.

Sebelum kompetisi yang sesungguhnya, Timnas Indonesia U-19 bisa mencoba pertandingan lawan Vietnam U-22 pada gelaran turnamen Toulon di Prancis. Hanya saja negeri tetangga itu malah pilih mundur dengan alasan Corona yang masih mengancam.

Setelah Park Hang-seo enggan ikut sertakan Vietnam, turnamen Toulon pun secara mendadak resmi dibatalkan. Ketimbang duduk diam, Shin Tae-yong kabarnya ingin menghelat latihan di Jogjakarta untuk kian mengasah kualitas Timnas Indonesia U-19.

IDS Emoticon Suka
Suka
13%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
13%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
63%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
13%