Liga Indonesia

Enggan Berspekulasi, Pelatih Persib Tunggu Kabar Resmi Liga 1

Selasa, 27 Oktober 2020 18:25 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media Officer Persib
Pemain Persib Bandung berlatih di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jumat (14/08/2020). Copyright: © Media Officer Persib
Pemain Persib Bandung berlatih di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jumat (14/08/2020).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memberikan tanggapan mengenai rumor yang menyebutkan kompetisi Liga 1 2020 akan digelar setelah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. 

Menurutnya, hingga saat ini belum ada informasi resmi dari pihak terkait mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1 2020 yang sudah dihentikan sejak pertengahan Maret lalu, karena pandemi corona atau covid-19. 

Sebelumnya, pada manager meeting yang digelar di Yogyakarta bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Selasa (13/10/20), seluruh klub sepakat untuk melanjutkan kompetisi pada 1 November 2020. 

Hanya saja, pihak kepolisian belum memberikan izin keramaian, lantaran pandemi covid-19 di Indonesia masih tinggi dan fokus pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). 

"Rumor di internet itu berdasarkan statement dari pihak kepolisian kemarin. Tentunya kami menunggu kabar resmi setiap saat," kata Robert Alberts, Senin (26/10/20).

Robert Alberts, enggan berkomentar lebih jauh mengenai rumor jadwal kompetisi. Hanya saja, sejauh ini dari informasi yang didapatnya, kemungkinan besar Liga 1 akan digulirkan kembali pada Januari 2020. 

"Kami tidak mau berspekulasi dan masih tetap menunggu kabar resmi, tapi indikasi yang saya dapat dari manajemen kami adalah liga baru akan digelar di Januari," jelasnya. 

Selain itu, pada 2021 ada opsi untuk menggelar turnamen sebagai pengganti kompetisi. Robert Alberts, mengaku tak mempermasalahkan jika kompetisi diganti menjadi turnamen, karena yang terpenting baginya saat ini pertandingan sepak bola bisa digelar kembali. 

"Semua tahu bahwa waktunya akan sangat pendek jadi mereka menyiapkan plan B yaitu membuat turnamen. Yang terpenting bagi kami adalah bisa bermain sepak bola karena di seluruh dunia saat ini sudah mulai bermain sepak bola lagi," tegas Robert Alberts.

Sementara itu, Robert Alberts tetap menyiapkan program latihan bagi pasukannya, untuk menjaga kebugaran dan motivasi skuat Persib Bandung dengan menggelar latihan tiga kali dalam sepekan.