Liga Europa

Hasil Pertandingan Liga Europa AS Roma vs CSKA Sofia: Mandul, Giallorossi Cuma Bisa Imbang

Jumat, 30 Oktober 2020 04:54 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Claudio Pasquazi/Anadolu Agency via Getty Images
Berikut hasil pertandingan Grup A Liga Europa, Jumat (30/10/20) dini hari WIB di mana AS Roma harus puas dengan hasil imbang tanpa gol saat menjamu CSKA Sofia. Copyright: © Claudio Pasquazi/Anadolu Agency via Getty Images
Berikut hasil pertandingan Grup A Liga Europa, Jumat (30/10/20) dini hari WIB di mana AS Roma harus puas dengan hasil imbang tanpa gol saat menjamu CSKA Sofia.

INDOSPORT.COM – Berikut hasil pertandingan Grup A Liga Europa, Jumat (30/10/20) dini hari WIB di mana AS Roma harus puas dengan hasil imbang tanpa gol saat menjamu CSKA Sofia.

Wakil Italia, AS Roma, berusaha melanjutkan performa bagus mereka di Liga Europa musim ini. Jumat (30/10/20) pukul 03:00 WIB, Giallorossi menjalani matchday kedua Grup A dengan menghadapi wakil Bulgaria yakni CSKA Sofia.

Kedua tim mendapatkan hasil yang berbeda di matchday pertama pekan lalu. Ketika itu Roma berhasil menundukkan tuan rumah Young Boys 2-1, sedangkan CSKA Sofia justru kalah di kandang sendiri dari CFR Cluj. Catatan tersebut membuat tim tuan rumah diunggulkan memenangi laga ini.

Bermain di kandang sendiri, AS Roma membuka pertandingan dengan percaya diri. Menit keempat, mereka berhasil mencetak gol melalui Chris Smalling. Sayangnya, gol tersebut kemudian dianulir karena offside.

Tim tamu kemudian balas mengancam melalui dua peluang yang didapatkan Ali Sowe. Namun, kedua upaya tersebut sama-sama melenceng dari gawang Pau Lopez.

Federico Fazio nyaris membuka skor di menit ke-17 andai sundulannya memanfaatkan sepak pojok Bruno Peres tidak melebar dari gawang tim tamu.

Roma yang terus menyerang lagi-lagi membuang peluang. Di menit ke-33, tembakan Henrikh Mkhitaryan dari dalam kotak penalti masih membentur mistar gawang.

Giallorossi terus melancarkan serangan, khususnya melalui Borja Mayoral. Namun ketatnya pertahan CSKA Sofia membuat babak pertama berakhir dengan skor kacamata.

Macetnya serangan di babak pertama membuat Paulo Fonseca menyuntikkan tenaga baru. Rick Karsdorp dan Pedro masuk menggantikan Leonardo Spinazzolla dan Mkhitaryan.

Mengandalkan umpan silang, AS Roma kembali mendapatkan peluang lewat Mayoral. Sayangnya, sundulannya memanfaatkan umpan Fazio lagi-lagi gagal membuahkan hasil untuk tuan rumah.

Terus menyerang membuat Giallorossi sedikit lengah. Menit ke-52 mereka nyaris kebobolan andai tembakan Valentin Antov tidak terlalu tinggi dari gawang Pau Lopez.

Aksi Antov tersebut rupanya menyulut semangat tim tamu. Mereka kembali mengancam lewat tiga peluang sekaligus yang didapatkan Henrique, Ali Sowe dan Georgi Yomov. Beruntung bagi Giallorossi, Pau Lopez tampil gemilang untuk mengamankan gawangnya di ketiga situasi tersebut.

Lima belas menit jelang waktu normal berakhir, Paulo Fonseca kembali melakukan pergantian pemain. Carles Perez yang tidak optimal ditarik keluar digantikan oleh Lorenzo Pellegrini. 

Lima menit kemudian, Pellegrini nyaris saja membayar tuntas kepercayaan sang pelatih. Sayangnya, tembakannya dari tepi kotak penalti masih bisa digagalkan lewat penyelamatan gemilang Gustavo Busatto.

Kedua tim terus bertukar serangan di sisa waktu pertandingan. Namun, hingga peluit panjang dibunyikan tak ada gol yang tercipta, sehingga AS Roma dan CSKA Sofia harus puas dengan hasil 0-0.

Dengan demikian, Roma kini berada di peringkat kedua klasemen Grup A dengan empat poin dari dua laga, kalah selisih gol dari CFR Cluj yang ada di puncak.

Susunan pemain:

AS Roma (3-4-1-2): Lopez; Kumbulla, Fazio, Smalling; Peres, Villar, Cristante, Spinazzolla; Mkhitaryan; Perez, Mayoral.

CSKA Sofia (4-2-1-3): Busatto; Vion, Antov, Zanev, Masikou; Youga, Geverson; Sankhare; Sinclair, Sowe, Yomov.