Liga Indonesia

Pelatih Persija Jakarta Terinspirasi dari Mantan Dirtek PSSI

Jumat, 30 Oktober 2020 19:19 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Zainal Hasan/Indosport.com
Pelatih Persija Jakarta, Sudirman mengaku sangat mengidolakan mantan direktur teknik PSSI, Danurwindo. Copyright: © Zainal Hasan/Indosport.com
Pelatih Persija Jakarta, Sudirman mengaku sangat mengidolakan mantan direktur teknik PSSI, Danurwindo.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persija Jakarta, Sudirman mengaku sangat mengidolakan mantan direktur teknik PSSI, Danurwindo. Sudirman terinspirasi mengorbitkan pemain muda, seperti yang pernah dilakukan idolanya. 

Sudirman mengatakan, Danurwindo adalah sosok pelatih bertangan dingin. Sejumlah nama seperti Kurniawan Dwi Yulianto, Anang Maruf, Bima Sakti hingga Aples Tecuari lahir berkat polesan mantan asisten pelatih Timnas Indonesia itu. 

"Danurwindo adalah pelatih yang punya ilmu yang sangat lengkap, pernah menjadi asisten pelatih di Timnas Indonesia era Milan Boksa dan Anatoli Polosin. Saya pikir dia pelatih yang banyak melahirkan pemain muda dan tentunya sangat disiplin," ujarnya dalam rilis klub. 

Sama seperti idolanya, Sudirman juga gemar mengorbitkan pemain muda. Musim ini,  ia mempromosikan lima pemain muda dari akademi Persija dan memainkan beberapa nama seperti Adrianus Dwiki, Hamra Hehanussa, Resky Fandi dan Taufik Hidayat untuk menunjukkan kemampuannya.

Sudirman resmi ditunjuk sebagai pelatih kepala Persija pada pertengahan September lalu. Ia menggantikan pelatih sebelumnya yakni Sergio Farias yang mengundurkan diri.

Saat ini Sudirnan memegang lisensi A AFC dan telah malang melintang di dunia kepelatihan. Ia sempat menjadi asisten pelatih Persija saat dilatih Benny Dollo, Iwan Setiawan, Edson Tavares, Sergio Farias hingga jadi asisten pelatih Timnas Indonesia U-16, U-19 hingga U-23.

Saat menjadi pemain, Sudirman menjadi aktor penting kala Timnas Indonesia meraih medali emas Sea Games 1991 lalu, sekaligus gelar terakhir Timnas di ajang bergengsi.