In-depth

Misteri Kegagalan Pemain Asia Dong Fangzhuo di Manchester United

Minggu, 1 November 2020 19:28 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Dong Fangzhuo, mantan pemain Manchester United. Copyright: © Getty Images
Dong Fangzhuo, mantan pemain Manchester United.

INDOSPORT.COM - Pemain asal China, Dong Fangzhuo, adalah salah satu rekrutan gagal klub Liga Inggris, Manchester United.

Pada tahun 2004, publik sepak bola Inggris mulai mengenal Dong Fangzhuo, yang didatangkan dari Dalian Shide dengan nilai transfer 500 ribu poundsterling (bisa naik mencapai 3,5 juta poundsterling tergantung penampilannya).

Keputusan The Red Devils untuk memboyong Dong Fangzhuo sempat membuat banyak orang bertanya-tanya, bahkan tidak sedikit yang memandangnya sebelah mata. Apa yang membuat Manchester United tertarik?

Mungkinkah ini adalah taktik klub untuk menjamah pasar Asia terutama China? Apalagi, pada waktu itu pemain kelahiran 1985 ini masih berusia muda, yakni 19 tahun.

Jika dilihat-lihat, merapat ke Manchester United mungkin bisa jadi jalan Dong Fangzhuo untuk mulai mengembangkan karier di Eropa. Semua juga tahu bahwa Liga Inggris adalah salah satu kompetisi elite idaman banyak pemain.

Dong Fangzhuo beprotensi menghabiskan waktu cukup lama mengabdi untuk Manchester United. Ini artinya, klub bisa ‘memanfaatkan’ keberadaannya untuk berbagai macam promosi yang bisa menarik pangsa pasar yang lebih besar.

Toh pada tahun 2004 ketika ia menginjakkan kaki ke Liga Inggris, pemain yang berposisi sebagai striker tersebut tampil untuk Timnas China di ajang AFC Youth Championship. Penampilannya cukup menjanjikan sebagai pemain muda.

Ia juga membantu timnya mencapai babak final meski pada akhirnya harus kalah di tangan Korea Selatan.

Walaupun saat pertama datang ia tidak langsung menunjukkan kualitas seorang superstar, setidaknya Dong Fangzhuo mendapat kesempatan unjuk gigi di tur pramusim Manchester United 2005-2006.

Lumayan, ia berhasil menciptakan dua gol ke gawang Timnas Hong Kong meski tengah dipinjamkan ke klub feeder Manchester United di Belgia, Royal Antwerp.

Dong Fangzhuo kembali memperkuat The Red Devils dengan berpartisipasi di laga pramusim 2006-2007. Ia kembali mengukir nama di daftar pencetak skor saat melawan Kaizer Chiefs di Afrika Selatan.