Liga Inggris

5 Daftar Kapten Terbaik Sepanjang Gelaran Liga Inggris hingga Saat Ini

Rabu, 14 Oktober 2020 21:20 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Twitter BBC
Kapten Chelsea, John Terry, terpaksa menjadi kiper dalam pertandingan Liga Inggris kontra Reading, 14 Oktober 2006. Copyright: © Twitter BBC
Kapten Chelsea, John Terry, terpaksa menjadi kiper dalam pertandingan Liga Inggris kontra Reading, 14 Oktober 2006.

INDOSPORT.COM – Fungsi kapten dalam sebuah kesebelasan sepak bola sangat penting untuk menjadi tangan kedua pelatih atau pemimpin utama di lapangan. Tak jarang banyak pemain dengan ban kapten disebutkan memiliki peranan besar dalam prestasi sebuah tim.

Berbicara mengenai kapten dalam tim sepak bola, banyak nama pastinya yang muncul di benak pecinta si kulit bundar. Sebagai contoh ada Paolo Maldini, Carles Puyol dan Iker Casillas.

Ketiga nama tersebut menjadi contoh bagaimana ketiganya menjadi aktor utama di balik keberhasilan timnya meraih beragam prestasi.

Maldini dengan pengalamannya dan pengetahuannya selama bermain di Milan mampu memandu para pemain muda setidaknya hingga usianya menginjak kepala 4.

Pun dengan Puyol yang terkenal akan kepemimpinannya. Selain itu, sikapnya yang baik hati terhadap kawan dan lawan membuatnya disegani oleh pemain yang jadi rival Barcelona.

Lalu ada nama Casillas. Meskipun dirinya merupakan seorang kiper, ia tak ada hentinya berteriak mengomandoi rekan-rekannya terutama para barisan belakang sehingga Spanyol mampu meraih Euro 2008, 2012 dan Piala Dunia 2010.

Deretan kapten ini memanglah ikonik dan dikenang sebagai salah satu atau setidaknya yang terbaik di sepak bola modern. Tak hanya dari Italia dan Spanyol, nama-nama pemain ikonik yang menyandang ban kapten dan menjadi pemimpin rekan-rekannya pun lahir di sepak bola Liga Inggris.

Berikut 5 kapten terbaik sejak bergulirnya Liga Inggris pada tahun 1992 hingga saat ini.

1. John Terry (Chelsea)

John Terry memang dicap sebagai kapten kontroversial. Hal ini tak lepas dari tindak tanduknya di dalam dan di luar lapangan. Namun segala hal kontroversial itu mampu ditutupi dengan kepemimpinannya terhadap rekan-rekannya.

Ya, sematan ‘Captain, Leader, Legend’ cukup menggambarkan pria satu ini. Di bawah kepemimpinannya, Chelsea mampu meraih 5 gelar Liga Inggris yang membuatnya menjadi kapten yang paling sering mengangkat trofi Liga Inggris hingga saat ini.