In-depth

Saatnya Jurgen Klopp Beralih ke Trio Diogo Jota, Mohamed Salah dan Sadio Mane

Minggu, 1 November 2020 10:57 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Getty Images
Sudah saatnya Jurgen Klopp dan Liverpool menjadikan Diogo Jota sebagai starter menggantikan Roberto Firmino dan membuat trio SJM (Salah, Jota, Mane). Copyright: © Getty Images
Sudah saatnya Jurgen Klopp dan Liverpool menjadikan Diogo Jota sebagai starter menggantikan Roberto Firmino dan membuat trio SJM (Salah, Jota, Mane).

INDOSPORT.COM – Liverpool mampu melakukan comeback apik saat menjamu West Ham United di Anfield pada pekan ke-7 Liga Inggris 2020/21, Minggu (1/11/20). Keberhasilan The Reds ini sendiri tak lepas dari aksi Diogo Jota.

Liverpool sejatinya sempat kesulitan di awal-awal laga ini. Selain sulit dalam membuka pertahanan West Ham, The Reds juga kesulitan mengatasi serangan The Hammers.

Bahkan Liverpool harus tertinggal terlebih dahulu lewat gol Pablo Fornals di menit ke-10. Tertinggal dari lawannya, The Reds pun meningkatkan intensitas serangan.

Hasilnya pun baru didapat dengan cara tak elegan, yakni penalti. Disebut tak elegan karena Mohamed Salah dianggap melakukan Diving dan mengeluarkan reaksi berlebihan saat melakukan sedikit kontak dengan Arthur Masuaku.

Namun wasit yang memimpin pertandingan tetap menunjuk titik putih. Salah yang menjadi eksekutor berhasil menuntaskan tugasnya dan menyamakan kedudukan 3 menit sebelum bubaran.

Di babak kedua, Liverpool tetap kesulitan menembus pertahanan West Ham yang memang rapat sepanjang laga. Tak kunjung menemui titik terang dalam penyerangan, The Reds pun lantas memasukkan Diogo Jota dan Xherdan Shaqiri.

Hasilnya terlihat cepat. Shaqiri berhasil mengirim umpan terobosan yang kemudian diselesaikan dengan baik oleh Jota yang menyambut bola. Skor menjadi 2-1 sekaligus memberikan Liverpool 3 poin berharga.

Kemenangan ini pun membuat nama Jota melambung tinggi. Pasalnya, dalam 3 laga Liga Inggris di Anfield, ia selalu mencetak gol.

Sehingga, banyak yang berasumsi bahwa Jurgen Klopp ada baiknya mulai memainkan Diogo Jota menjadi starter bersama Sadio Mane dan Mohamed Salah serta menggantikan peran Roberto Firmino yang mulai kehilangan sentuhannya bersama Liverpool.