Bola Internasional

Alasan Eric Garcia Cocok Gantikan Gerard Pique di Barcelona

Selasa, 3 November 2020 09:59 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Matt McNulty - Manchester City via Getty Images
Eric Garcia, wonderkid Manchester City calon pengganti Gerard Pique di Barcelona. Copyright: © Matt McNulty - Manchester City via Getty Images
Eric Garcia, wonderkid Manchester City calon pengganti Gerard Pique di Barcelona.

INDOSPORT.COM - Pemain muda Manchester City berusia 19 tahun, Eric Garcia, digadang-gadang sebagai penerus bek andalan Barcelona, Gerard Pique.

Seperti diketahui, nama Eric Garcia mencuat di bursa transfer pemain musim panas lalu dan dikait-kaitkan dengan Blaugrana. Meski ramai diberitakan, ia ternyata tidak merapat ke Camp Nou.

Akan tetapi, semangat Barcelona untuk mendatangkannya belum pudar. Seperti kabar yang beredar di banyak media, raksasa LaLiga Spanyol tersebut bakal kembali mengejar Garcia Januari nanti.

Garcia bisa jadi penerus sosok Gerard Pique, yang sebentar lagi akan menginjak usia 34 tahun. Sebelum Garcia, sebenarnya ada Samuel Umtiti yang bisa diandalkan sebelum ia mengalami badai cedera yang tiada henti.

Peluang Garcia untuk menggantikan Pique ini sejatinya terbuka cukup lebar, apalagi mengingat ia dahulu adalah jebolan La Masia. Para suporter Barcelona pun akan dengan senang hati menyambutnya kembali setelah 'pergi' selama tiga tahun.

Eric Garcia, wonderkid Manchester City ini menimba ilmu di akademi La Masia selama kurang lebih sembilan tahun sebelum merantau ke Inggris. Debut pertamanya untuk The Citizens terjadi pada Desember 2018.

Namun baru pada Juni 2020 ia mendapat kesempatan memulai permainan dari menit pertama alias sebagai starting line up. Setelah corona break, ia didaulat menjaga daerah pertahanan bersama Aymeric Laporte.

Pep Guardiola sendiri berharap Garcia tetap bertahan di Etihad meski dihadapkan pada godaan kembali ke Barcelona.

“Saya tahu dia ingin pergi, tapi dia akan tetap di sini dan mungkin kami bisa merayunya tahun ini untuk memperpanjang kontrak,” ujar Guardiola seperti diberitakan laman Euronews.

Akan tetapi, Guardiola patut was-was lantaran sampai saat ini sang pemain belum mengambil keputusan apa pun untuk kelanjutan kariernya. Di sisi lain, Blaugrana ngebet mendatangkan Garcia demi meningkatkan penampilan di lini belakang.

Apalagi, Gerard Pique yang bekerja sama dengan Clement Lenglet musim ini harus segera punya penerus jangka panjang, dan sosok tersebut mungkin ada dalam diri Eric Garcia.

Barcelona seolah ingin mengulang kembali kesuksesan membawa pulang Pique, lulusan La Masia yang dibajak Manchester United beberapa tahun lalu. Tidak heran mereka ingin memboyong Garcia mengingat ia adalah binaan asli klub di La Masia.

Selain kesamaan nasib, Garcia juga cocok menjadi penerus Pique lantaran ia sangat nyaman memainkan bola dengan posisi bek tengah. Ia pun sangat cerdas saat memberi operan ke rekan-rekannya.

Garcia akan melihat terlebih dahulu siapa yang benar-benar berada di luar kawalan musuh baru memberi bola kepadanya. Tidak sekadar memberi, ia bahkan mengirimnya dengan tepat sehingga mendarat di kaki kawannya dengan sempurna.

Selain itu, Garcia punya trik tersendiri untuk menjauh dari kawalan musuh yang ingin merebut bolanya. Ia lebih memilih mengembalikan bola ke kiper kemudian pergi menjauh sambil menunggu waktu yang tepat untuk beraksi lagi.

Kecerdasan inilah yang bisa menjadikan Garcia calon potensial penerus Gerard Pique di Barcelona. Pique sendiri, meski beberapa kali dikritik karena melakukan sejumlah blunder, tetap salah satu bek terbaik di dunia.

Pemain yang juga kerap memainkan peran sebagai sweeper ini menunjukkan perkembangan signifikan seiring berjalannya waktu, baik dari segi skill, kepemimpinan, dan kecerdasannya.

Bukan tidak mungkin Eric Garcia akan jadi seperti Pique pada masa yang akan datang. Kini Barcelona hanya perlu membujuknya dan pastinya Manchester City, sang klub pemilik, untuk mau melepaskan pemain mereka itu.

Menurut pemberitaan Daily Mail, Barcelona akan mengajukan tawaran 7 juta poundsterling (Rp132 miliar) kepada Manchester City di bursa transfer Januari 2021.