Liga Inggris

Bela Harry Kane, Mourinho Sebut Banyak Pemain yang Juga Jago Penalti

Kamis, 5 November 2020 11:12 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor:
© Neil Hall/PA Images via Getty Images
Bela Harry Kane, Mourinho Sebut Banyak Pemain yang Juga Jago Penalti Copyright: © Neil Hall/PA Images via Getty Images
Bela Harry Kane, Mourinho Sebut Banyak Pemain yang Juga Jago Penalti

INDOSPORT.COM - Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho telah mengeluarkan pendapatnya mengenai pendapat orang soal Harry Kane yang hanya bisa penalti. Menurutnya, masih banyak pemain yang juga mengandalkan penalti.

Harry Kane menjadi sorotan di laga Tottenham Hotspur vs Brighton & Hove Albion akhir pekan lalu. Penyerang Inggris itu dituding dengan sengaja dilanggar agar mendapatkan tendangan penalti.

Momennya terjadi saat laga baru berjalan 11 menit di Tottenham Hotspur Stadium. Di depan kotak penalti Brighton, Kane terjatuh saat berduel udara dengan Adam Lallana.

Yang menjadi sorotan, Kane terlihat sengaja dilanggar agar terjatuh karena sedikit membelakangi Lallana. Imbasnya, Kane dicap pemain 'cerdik' karena berusaha mendapatkan pelanggaran.

Awalnya, Tottenham cuma dihadiahi tendangan bebas. Namun usai dicek VAR, tuan rumah malah mendapat penalti, sebab kaki Kane rupanya sudah berada di garis kotak penalti. Kane kemudian mengeksekusi penalti, dan membawa keunggulan 1-0 untuk Tottenham.

Laga sendiri akhirnya dimenangkan Tottenham dengan skor 2-1, usai Tariq Lamptey sempat menyamakan skor menjadi 1-1 namun dibalas Gareth Bale. Tottenham sendiri naik ke peringkat tiga klasemen Liga Inggris berkat kemenangan tersebut.

Jelang pertandingan Liga Europa melawan Ludogorets, Mourinho kembali ditanya soal tudingan Kane pemain cerdik. Eks pelatih Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, dan Manchester United itu membalasnya dengan ketus.

"Harry Kane berada dalam posisi untuk mengontrol bola dan Lallana datang dengan cara yang sembrono. Mengapa Anda mengatakan itu pintar? Pintar itu soal merebut bola dan mencetak gol. Tapi, itu pelanggaran," kata Mourinho, dilansir Independent.

"Saya pikir itu tendangan bebas langsung, tapi VAR mengatakan itu di dalam kotak karena itu berada di garis. Apa yang kita bicarakan tentang menjadi cerdik? Harry Kane hanya ingin mencetak gol," lanjutnya.

Selain memberikan pembelaan kepada Harry Kane, Mourinho nampaknya juga memberikan gambaran bahwa banyak sekali pemain yang ‘cerdik’ dalam mencari kesempatan untuk mendapatkan penalti.

"Lallana yang sembrono. Mengapa Anda berbicara tentang kami? Bicaralah tentang Liverpool, Manchester United, City, dan lainnya dengan pemain yang juga 'cerdik' dan mendapatkan penalti. Jangan bicarakan Harry Kane," jelasnya.

Selain Harry Kane, Mohamed Salah juga sedianya dituding diving saat Liverpool mengalahkan West Ham United akhir pekan lalu. Pemain Mesir itu dinilai juga terlalu gampang terjatuh di kotak penalti, yang membantu Si Merah menang 2-1.