Liga Champions

Hasil Liga Champions: Istanbul vs Manchester United: Setan Merah Keok di Turki

Kamis, 5 November 2020 02:47 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Twitter Champions League
Selebrasi pemain Istanbul Basaksehir, Edin Visca, usai membobol gawang Manchester United di Liga Champions, Rabu (4/11/20). Copyright: © Twitter Champions League
Selebrasi pemain Istanbul Basaksehir, Edin Visca, usai membobol gawang Manchester United di Liga Champions, Rabu (4/11/20).

INDOSPORT.COM – Berikut hasil pertandingan grup H Liga Champions 2019/20 Istanbul Basaksehir vs Manchester United, Kamis (05/11/20) dini hari WIB.

Babak Pertama

Usai wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan, Manchester United terlihat nampak menguasai penguasaan bola atas Istanbul Basaksehir dalam 10 menit pertama.

Peluang pun didapatkan Setan Merah pada menit ke-10 lewat Luke Shaw. Sayang sepakan keras kaki kirinya hanya lewat didepan gawang Istanbul Basaksehir.

Asik menyerang, Man United mendapat balasan menyakitkan. Mantan pemain Chelsea, Demba Ba mampu mencetak gol di menit ke-12 lewat skema serangan balik cepat.

Bola buangan Edin Visca mampu dikontrol oleh Demba Ba yang hanya berdiri sendiri di setengah lapangan. Dengan mudah, ia mampu memperdaya Dean Henderson. Skor menjadi 1-0.

Pada menit ke-19, Man United mendapat keuntungan dari kepemimpinan wasit. Lewat skema yang sama, Demba Ba yang tinggal berlari sendiri dijatuhkan oleh Axel Tuanzebe. Beruntung, bek berusia 22 tahun tersebut hanya mendapat kartu kuning.

Pada menit ke-32, tuan rumah hampir menggandakan keunggulan andai tandukan Danije Aleksic tak mengarah tepat ke arah Henderson.

Tepat di menit ke-40, Istanbul Basaksehir berhasil mencetak gol keduanya. Lewat skema serangan balik memanfaatkan kesalahan Juan Mata, Deniz Turuc melepaskan umpan silang datar dari sisi kanan pertahanan Man United dan mampu diselesaikan Edin Visca. Skor menjadi 2-0.

Tak butuh waktu lama, Man United pun berhasil memperkecil ketertinggalan. Anthony Martial mampu mengkonversi umpan silang Luke Shaw lewat tandukannya hingga berbuah gol pada menit ke-43. Skor menjadi 2-1.

Skor 2-1 untuk keunggulan Istanbul Basaksehir tersebut bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Di awal babak kedua, kedua tim nampak bermain imbang. Baik Istanbul Basaksehir dan Manchester United bermain  ngotot. Hal ini terlihat di 25 menit pertama babak kedua.

Tuan rumah masih mengandalkan serangan balik, sedangkan Man United terus mencoba mengurung dan membongkar pertahanan Basaksehir yang terlihat kokoh sejak babak pertama.

Bahkan untuk mendapat gol penyama kedudukan, Ole Gunnar Solskajer memasukkan Edinson Cavani dan Paul Pogba. Selain itu, Man United juga memasukkan Scott McTominay untuk menghadang serangan balik tuan rumah.

Memasuki menit ke-80, Solskjaer kembali memasukkan penyerang. Kali ini adalah Mason Greenwood yang dimasukkan menggantikan Marcus Rashford yang terlihat kesulitan membua peluang di kotak 16 Basaksehir.

Permainan keras pun mulai terlihat dari kedua tim. Pelanggaran demi pelanggaran banyak tercipta sehingga berkali-kali wasit meniupkan peluitnya.

Di 10 menit akhir pertandingan, Man United yang berhasrat mengejar ketertinggalan tetap terus mengurung pertahanan Basaksehir. Terlihat di laga ini tuan rumah memainkan taktik 'parkir bus' dan menumpuk pemainnya di depan dan di dalam kotak 16.

Pada menit ke-90+2, terjadi kemelut di muka gawang Basaksehir usai sepak pojok. Bola liar hampir masuk ke gawang tuan rumah. Beruntung bek tuan rumah mampu menyapu bola sebelum melewati garis gawang.

Solidnya pertahanan Istanbul Basaksehir pun membuat skor 2-1 tak berubah hingga peluit panjang dibunyikan. Manchester United pun harus menelan kekalahan perdananya di fase grup Liga Champions 2020/21.

Susunan Pemain:

Istanbul Basaksehir (4-2-3-1):

Gunok; Rafael, Skrtel, Epureanu, Bolingoli; Kahveci, Aleksic; Turuc, Ozcan, Visca; Demba Ba.

Manchester United (4-1-3-2):

 Henderson; Wan-Bissaka, Tuanzebe, Maguire, Shaw; Matic; Van de Beek, Mata, Bruno Fernandes; Rashford, Martial.