Liga Inggris

Mulai Muak, Arteta Siap 'Tendang' Wonderkid Arsenal di Januari 2021

Kamis, 5 November 2020 03:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Stuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty Images
William Saliba, bek muda Arsenal yang kini dipinjamkan ke Saint-Etienne Copyright: © Stuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty Images
William Saliba, bek muda Arsenal yang kini dipinjamkan ke Saint-Etienne

INDOSPORT.COM - Pelatih Arsenal, Mikel Arteta menyebut dirinya muak dengan situasi runyam yang tengah dirasakan salah satu wonderkidnya, William Saliba.

Nama Saliba tengah menjadi perdebatan di kubu Arsenal. Sebab, sejak didatangkan pada musim panas 2019 silam dan menjalani peminjaman selama semusim, ia tak kunjung tampil bersama tim utama.

Pemain berusia 19 tahun ini lebih banyak bermain bersama tim akademi Arsenal sendiri. Padahal, sebelum diboyong The Gunners dan dipinjamkan kembali ke Saint-Etienne, ia kerap tampil menjadi starter di tim utama di Ligue 1 Prancis.

Banyak yang menyebut bahwa Saliba belum beradaptasi dengan The Gunners dan Inggris. Apalagi sebelum kembali ke Arsenal dari peminjaman, tersiar kabar bahwa ibundanya meninggal dunia yang membuat kondisi psikisnya terpukul.

Mikel Arteta selaku pelatih Arsenal pun menjadi sosok yang bertanggung jawab atas situasi William Saliba ini. Namun, dalam pernyataan terbarunya, ia mengaku muak keadaan yang tak mengenakkan ini.

“Saya muak dengan situasi (Saliba). Karena, seperti yang kalian lihat, kami mencoba menemukan cara untuk memberinya menit bermain,” ujar Arteta disadur dari Sky Sports.

“Saya jelaskan bahwa ia (Saliba) membutuhkan waktu transisi ketika kami memboyongnya dan meminjamkannya ke Saint-Etienne. Untuk beberapa alasan, dia tak menunjukkan transisi itu dan dia harus melewati itu,” pungkasnya.

Arteta pun menambahkan bahwa alasannya tak memasukkan Saliba ke skuat utama lantaran Arsenal memiliki banyak bek tengah. Meski begitu, ia tak menutup kemungkinan memainkannya dengan resiko cedera yang bisa didapatkan pemainnya.

Mikel Arteta pun menutup pernyataannya dengan adanya kemungkinan bahwa William Saliba akan hengkang dari Arsenal pada Januari 2021 nanti dengan status pinjaman. Hingga kini, ia dan The Gunners tengah menimbang tim yang tepat untuk wonderkidnya tersebut.