Liga Spanyol

Lionel Messi Pergi, Barcelona Jual 5 Bintang Demi Atasi Krisis Ekonomi

Jumat, 6 November 2020 17:44 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
© Tullio Puglia - UEFA/UEFA via Getty Images
Kepergian Lionel Messi yang nampak tak terelakan lagi buat raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona bakal jual lima bintangnya demi atasi krisis ekonomi. Copyright: © Tullio Puglia - UEFA/UEFA via Getty Images
Kepergian Lionel Messi yang nampak tak terelakan lagi buat raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona bakal jual lima bintangnya demi atasi krisis ekonomi.

INDOSPORT.COM - Januari bisa menjadi akhir masa kerjasama Lionel Messi dengan raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona. Ditinggal dengan status bangkrut, klub bermarkas di Camp Nou itu pun akan jual lima pemainnya.

 

Pandemi Corona yang tak ada surutnya membuat Catalan benar-benar susah payah demi menghidupi para pemainnya. Setelah sempat lakukan PHK besar-besaran mulai dari scout dan mundurnya beberapa direksi, pemangkasan gaji pun sempat mereka lakukan.

Setelah musim lalu memangkas 70 persen, kini mereka lagi-lagi lakukan hal yang sama dengan besaran 30 persen. Setelah Josep Maria Bartomeu mundur dari posisi presiden, El Barca sendiri masih kesulitan untuk tutupi kerugian 171 juta poundsterling (Rp3,2 triliun).

Walaupun pemangkasan ini bertujuan untuk selamatkan klub dari pailit awal tahun depan, Lionel Messi beserta koleganya justru enggan menerimanya. Ya, seluruh pemain masih belum legawa hingga keputusan pemotongan gaji harus diundur untuk negosiasi lanjutan.

Cukup masuk akal jika La Pula memilih berontak setelah Blaugrana benar benar mengekangnya usai isyaratkan ingin pergi sebelum musim baru LaLiga Spanyol bergulir. Kala kaptennya sudah pasti pergi, Barcelona pun akan menjual lima pemainnya demi bertahan.

Melansir laman berita Daily Mail, Azulgrana kabarnya bakal menjual Ousmane Dembele, Samuel Umtiti, Carles Alena, Junior Firpo, dan Martin Braithwaite tepat awal 2021 mendatang. Pelatih Ronald Koeman sendiri nampak lepas tangan atas penjualan ini.

Dembele mungkin sempat bermain 258 menit dari total keseluruhan 810 menit, tapi tetap saja rentannya cedera buat karier pemain ini habis. Begitupun dengan Martin Braithwaite, pemain yang dibeli secara darurat ini tak bisa yakinkan pelatih asal Belanda itu.

Usia kian menua mmebuat Umtiti sangat diragukan bisa seimpresif dulu lagi, Firpo pun demikian usai kalah saing dengan Sergino Dest. Alena jebolan La Masia pun dipastikan bakal dijual agar tak membebani tanggungan gaji klub.

Jika pemangkasan 30 persen gaji batal, Barcelona pun harus rela mengalami kebangkrutan dan berharap penjualan lima pemain ini bisa jadi cara untuk selamat. Bagaimana dengan Messi? Tinggalkan LaLiga Spanyol, ia dilaporkan ditawari pre kontrak oleh Manchester City.