Liga Indonesia

Boaz dan Tipa Ikut Kursus Kepelatihan, Jacksen Tiago Ungkap Rasa Bangga

Sabtu, 7 November 2020 13:52 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago memberikan dukungan ke dua pemainnya, Boaz Solossa dan Yustinus Pae (Tipa) yang mengikuti kursus pelatih lisensi C. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago memberikan dukungan ke dua pemainnya, Boaz Solossa dan Yustinus Pae (Tipa) yang mengikuti kursus pelatih lisensi C.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago memberikan dukungan penuh kepada dua anak asuhnya yakni Boaz Solossa dan Yustinus Pae (Tipa) yang kini tengah mengikuti kursus kepelatihan lisensi C AFC di Bali, yang berlangsung pada 1 - 16 November.

Pelatih asal Brasil ini mengakui sudah selayaknya jika kedua penggawanya itu mulai menyiapkan bekal karier selanjutnya sebelum memutuskan pensiun dari Liga 1.

Boaz dan Tipa menjadi pemain senior Persipura ketiga setelah Ricardo Salampessy yang telah lebih dulu mengambil lisensi kepelatihan. Jacksen pun mengaku senang dengan keputusan mereka.

"Saya sangat bangga dengan keputusan mereka, begitu juga Ricardo Salampessy yang sudah lebih dulu. Kalau melihat secara logika, mereka lebih dekat dari masa pensiun, dari pada masa produktif sebagai pemain," ujar Jacksen kepada awak media olahraga INDOSPORT, Sabtu (7/11/20).

Jacksen memberikan dukungan penuh kepada tiga pemain pilar Persipura itu untuk melanjutkan karier sebagai pelatih usai memutuskan pensiun sebagai pemain.

"Menurut saya sudah sangat pantas mereka mulai melihat masa depan mereka, pasca nanti sudah tidak bermain lagi. Sebuah langkah yang sangat bijak dari mereka bertiga. Saya mensupport secara penuh," kata Jacksen.

Sementara itu, bek kanan Persipura, Tinus Pae mengaku sudah memikirkan langkah apa yang akan ia ambil jika nanti memutuskan pensiun sebagai pemain. Dirinya yang akrab disapa Tipa itu berniat membuka usaha, dan tentu saja berkarier sebagai pelatih.

"Kalau sudah pensiun, saya ingin menjadi pengusaha dan menyaingi Pak Rudi (Maswi). Saya punya tanah di wilayah Koya dan rencananya ingin memulai usaha dari kecil-kecilan dulu."

"Tapi saya sih masih mau bermain sampai kapanpun, selama masih kuat di lapangan. Kalau masih bisa main sampai 40 tahun saya tetap siap," ungkap Tipa.

Boaz Solossa dan Yustinus Pae menjalani kursus kepelatihan lisensi C AFC di Bali bersama 23 pemain lainnya. Salah satunya ada nama gelandang asal Bali yang memperkuat klub Liga 1 PSS Sleman, I Gede Sukadana.