In-depth

3 Catatan Penting Laga Arsenal vs Aston Villa: Mimpi Buruk Para Juara

Senin, 9 November 2020 09:14 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Aston Villa
Terdapat sejumlah catatan yang mewarnai kemenangan 3-0 Aston Villa atas Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris 2020/21, Senin (09/11/20) dini hari WIB. Copyright: © Aston Villa
Terdapat sejumlah catatan yang mewarnai kemenangan 3-0 Aston Villa atas Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris 2020/21, Senin (09/11/20) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM - Terdapat sejumlah catatan yang mewarnai kemenangan 3-0 Aston Villa atas Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris 2020/21, Senin (09/11/20) dini hari WIB.

Kejutan besar terjadi di Emirates Stadium yang bangku tribunnya kosong. Bagaimana tidak, stadion kebanggaan Arsenal itu justru menjadi saksi bisu kekalahan memalukan dari Aston Villa di Liga Inggris.

Sebelum kick off pertandingan, Arsenal memang jauh unggul di atas kertas dalam berbagai aspek dari Aston Villa, yang membuat torehan tiga poin seharusnya bukan hal sulit diraih.

Selain menjadi tuan rumah, Arsenal sebelumnya tengah dalah rentetan hasil positif dengan mencatatkan tiga kemenangan beruntun, dengan rincian dua kemenangan di Liga Europa (3-0 vs Dundalk dan 4-1 vs Molde) dan satu kemenangan di Liga Inggris (1-0 vs Manchester United).

Kondisi itu berbanding 180 derajat dengan Aston Villa yang menelan dua kekalahan beruntun sebelum menghadapi Arsenal dan parahnya semua terjadi saat mereka jadi tuan rumah. Menghadapi Leeds United mereka kalah 0-3 dan 3-4 saat menjamu Southampton.

Tak hanya itu, dilansir dari data Soccerway, Arsenal punya rekor head to head yang nyaris sempurna di tujuh laga kontra Aston Villa, yakni lima kemenangan dan dua kali kalah.

Namun, ibarat bola itu bundar, apapun bisa terjadi dalam sebuah kompetisi. Sudah banyak cerita tim-tim yang bertabur bintang secara mengejutkan kalah dari klub kecil tak diunggulkan dan Arsenal jadi salah satu buktinya.

Bermain sebagai tuan rumah, Arsenal sudah dikejutkan dengan gol Jack Grealish saat laga baru berjalan 1 menit. Beruntung gol tersebut dianulir karena lewat tayangan VAR, Grealish sudah dalam posisi offside.

Keunggulan Aston Villa pun datang di menit ke-25 setelah Bukayo Saka melakukan kesalahan dan mencetak gol bunuh diri. Ollie Watkins pun muncul sebagai MVP pertandingan setelah ia sukses dua kali mencatatkan namanya di papan skor.

Sampai peluit tanda berakhirnya pertandingan berbunyi, Arsenal gagal mengejar ketertinggalannya. Aston Villa sukses keluar sebagai pemenang dengan skor 3-0.

Kemenangan atas Arsenal tersebut langsung membawa Aston Villa naik ke peringkat enam klasemen sementara Liga Inggris 2020/21 dengan 15 poin. Sementara Arsenal turun ke posisi 12 dengan koleksi 12 poin.

Terlepas dari rangkuman pra dan jalannya pertandingan di atas, kemenangan 3-0 Aston Villa atas Arsenal juga menghadirkan banyak catatan-catatan penting, yang sayang untuk dilewatkan. Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT sajikan pembahasannya:

1. Mimpi Buruk Para Juara Musim Lalu

Pada kompetisi musim 2019/20, Arsenal mengakhiri satu tahun penuh perjuangan tersebut dengan berhasil merebut gelar juara Piala FA.

Menghadapi rival satu kota, Chelsea di Wembley Stadium dalam partai final pada 1 Agustus 2020 lalu, Arsenal keluar sebagai juara dengan kemenangan 2-1. Dua gol kemenangan The Gunners lahir dari aksi Pierre-Emerick Aubameyang.

Berstatus kampiun Piala FA rupanya tak membuat Arsenal bisa merasakan kemenangan atas Aston Villa. Alih-alih mereka justru kalah memalukan di kandang dengan skor 0-3 tanpa balas.

Kemenangan Aston Villa atas Arsenal ini sendiri menjadi bukti bahwa klub ashan Dean Smith ini layak diberi julukan 'penghancur' para juara.

Sebelum Arsenal, Aston Villa sendiri sudah membuat kejutan dengan membantai Liverpool, juara Liga Inggris 2019/20 dengan skor fantastis 7-2.

Kini, Aston Villa berarti menjadi klub pertama yang berhasil mengalahkan juara Liga Inggris dan juara Piala FA musim 2019/20 lalu.