Liga Spanyol

4 Pemain Ini Akan Dilego Barcelona pada Bursa Transfer Januari 2021

Selasa, 10 November 2020 19:57 WIB
Editor: Juni Adi
© DeFodi Images/GettyImages
Dua pemain Barcelona, Samuel Umtiti (kiri) dan Nelson Semedo bakal dilepas demi pemain Tottenham Hotspur, Tanguy Ndombele Copyright: © DeFodi Images/GettyImages
Dua pemain Barcelona, Samuel Umtiti (kiri) dan Nelson Semedo bakal dilepas demi pemain Tottenham Hotspur, Tanguy Ndombele

INDOSPORT.COM - Raksasa Liga Spanyol, Barcelona kabarnya akan sedikit merombak timnya pada bursa transfer musim dingin Januari 2021 mendatang. Empat pemain akan masuk daftar jual klub berjuluk Blaugrana tersebut.

Awal musim 2020/21 bukanlah periode yang bersahabat untuk Barcelona. Sempat tampil cukup menjanjikan pada laga-laga awal era kepelatihan Ronald Koeman, namun belakangan ini Blaugrana tampil kurang konsisten.

Lionel Messi dan kawan-kawan baru meraih tiga kemenangan dari enam laga awal Liga Spanyol. Mereka pun masih berkutat di papan tengah, yakni berada di posisi ke-8 klasemen sementara dengan raihan 11 poin.

Start yang kurang impresif Barcelona di liga, berbanding terbalik dengan kompetisi Eropa. El Barca berhasil menjadi pemuncak klasemen Grup G setelah meraih tiga kemenangan.

Pertanyaannya adalah, sampai kapan klub sekelas Barcelona harus tampil inkonsisten? Koeman jelas harus melakukan sesuatu untuk memperbaiki masalah ini.

Dan pelatih asal Belanda itu tampaknya akan mengambil opsi untuk menambah amunisi di bursa transfer Januari. Dua nama yang sedang mereka bidik saat ini adalah Memphis Depay dan Eric Garcia.

Namun, mendatangkan keduanya tentu bukan perkara murah. Barcelona harus mendapatkan uang terlebih dahulu sebelum membeli pemain baru.

Empat pemain ini kabarnya masuk dalam daftar jual El Barca, berikut ini daftarnya:

1. Samuel Umtiti

Sebenarnya, Samuel Umtiti adalah pemain penting di skuat Blaugrana sejak ia datang dari Olympique Lyon pada 2016 silam. Ia langsung menjadi bek utama Barcelona den bertandem dengan Gerard Pique.

Namun, Umtiti belakangan ini sangat sering mendapatkan cedera. Alhasil, ia hampir tak pernah merumput bersama Blaugrana dalam periode yang cukup lama.

Jika sudah pulih, kini posisinya sudah diisi oleh rekannya di Timnas Prancis, yakni Clement Lenglet. Otomatis, menjualnya adalah pilihan terbaik bagi Barcelona.

2. Junior Firpo

Junior Firpo sudah masuk dalam daftar jual Barcelona pada bursa transfer musim panas kemarin. Namun, El Barca gagal melepas sang pemain karena satu dan lain hal.

Pemain kelahiran Republik Dominika ini merupakan pelapis Jordi Alba di posisi bek kiri Barcelona. Namun peluang bermainnya semakin menipis sejak kedatangan bek sayap muda Sergino Dest.

Untuk itu, Barcelona kabarnya akan melepas Firpo pada Januari 2021. Tinggal bagaimana mencari peminat pemain berusia 24 tahun itu.

3. Carles Alena

Carles Alena adalah pemain muda yang merupakan didikan La Masia atau akademi Barcelona. Namun, sejak Koeman melatih, gelandang berusia 22 tahun itu tak kunjung mendapat kepercayaan bermain.

Alena pun sebenarnya selalu kesulitan menembus tim utama sejak musim lalu. Dirinya sempat dipinjamkan ke Real Betis pada musim lalu.

Kembali ke Barcelona pada awal musim ini, Alena sama sekali belum pernah bermain. Alena harus bersaing ketat dengan nama-nama seperti Miralem Pjanic, Sergio Busquets, dan Frenkie De Jong di lini tengah Blaugrana.

Belum lagi, wonderkid Pedri dan Trincao juga mulai dipercaya Koeman menempati lapangan tengah Barca. Klub Catalan itu pun diyakini akan melego Alena pada bursa transfer Januari.

4. Martin Braithwaite

Setelah melepas Luis Suarez, Barcelona tidak membeli pemain pengganti yang dinilai sepadan kualitasnya. Martin Braithwaite pun mendapat warisan nomor punggung 9 di Camp Nou.

Akan tetapi, performa mantan penyerang Leganes itu jauh dari kata memuaskan, bahkan ia lebih sering dibangkucadangkan Koeman. Pemain Timnas Denmark ini gagal mencetak sebiji gol pun dari empat pertandingan yang sudah ia lakono di semua kompetisi.

Penjualan Braithwaite nantinya, akan dilakukan guna memuluskan langkah Memphis Depay ke Camp Nou. Braithwaite pun bisa pindah ke klub yang bisa memainkannya secara reguler.