Liga Spanyol

Kesialan Barcelona Malah Bikin Manchester United Merana, Kok Bisa?

Selasa, 10 November 2020 12:40 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
© Tullio Puglia - UEFA/UEFA via Getty Images
Kesialan raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, efek Ansu Fati cedera rupanya merembet ke Manchester United yang kian merana. Kok bisa? Copyright: © Tullio Puglia - UEFA/UEFA via Getty Images
Kesialan raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, efek Ansu Fati cedera rupanya merembet ke Manchester United yang kian merana. Kok bisa?

INDOSPORT.COM - Efek Ansu Fati yang cedera usai menangi pertandingan LaLiga Spanyol kontra Real Betis 5-2 tak cuma membuat Barcelona sial, tetapi juga Manchester United yang gigit jari karena mengancam performa mereka.

Keberadaan Ansu Fati memang menjadi salah satu keajaiban dari dunia sepak bola modern belakangan ini, cukup masuk akal mengingat ia diplot jadi penerus Lionel Messi. Setan Merah pun awalnya kepincut akan sepak terjangnya.

Alasannya? Cukup sederhana, tak cuma karena gaya bermain ibarat titisan La Pulga, statistik 13 gol dan lima assists dalam 43 laga Barcelona buat pemain berusia 18 tahun ini aset berharga. Apalagi Skuat Ole Gunnar Solskjaer sedang frustasi tak dapat Jadon Sancho.

Kendati punya minat, Manchester United malah harus kecewa ketika Barcelona menaikan klausul rilis pemain hebatnya hingga 400 juta euro (Rp6,9 triliun). Bak tiada rotan akar pun jadi, tim bermarkas di Old Trafford itu pun mengkehendaki perekrutan Ousmane Dembele.

Alih-alih bisa dapat penyerang baru sekaligus untuk melengkapi lini serang bareng Mason Greenwood, Anthony Martial, dan Marcus Rashford, tim besutan Solskjaer lagi-lagi menelan pil pahit ketika El Barca juga pertahankan Si Kaki Kaca demi arungi LaLiga.

Ya, seperti dikutip dari Daily Mail, efek Ansu Fati yang cedera selama empat bulan buat Barcelona menawarkan kesempatan penebusan dosa bagi Dembele. Cukup masuk akal setelah pemain berkebangsaan Prancis itu minim kontribusi usai cetak 22 gol saja dalam 82 laga.

Dengan dalih cedera, Dembele tak terlalu menonjol dan hal ini pula yang sedari awal buat Blaugrana ingin menyingkirkannya. Akan tetapi pandangan mereka berubah sejenak setelah Ronald Koeman selaku pelatih klub pertimbangkan menepinya Fati.

Maklum saja, kini opsi penyerang di kubu Azulgrana hanya tersisa antara Lionel Messi dan Antoine Griezmann. Koeman bisa saja andalkan Martin Braithwaite, tapi memasangkannya di lini depan cenderung tak cocok dengan skema rencananya terkait striker nomor sembilan.

Akibat Barcelona yang kini andalkan Ousmane Dembele sebagai pengganti Ansu Fati demi perjuangkan tempatnya di LaLiga Spanyol, Manchester United pun harus mundur. Kini mungkin saja mereka akan kembali cari celah rekrut Sancho dari Borussia Dortmund.