Liga Indonesia

Bek Mitra Kukar Mantap Berbisnis Konveksi, Fokus Garap Pasar Samarinda

Selasa, 10 November 2020 17:11 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Media PSIM Yogyakarta
Aksi Riskal Susanto saat berseragam PSIM Yogyakarta pada Liga 2 2018. Copyright: © Media PSIM Yogyakarta
Aksi Riskal Susanto saat berseragam PSIM Yogyakarta pada Liga 2 2018.

INDOSPORT.COM - Bek Mitra Kukar, Riskal Susanto memantapkan diri untuk menjalankan bisnis konveksi di Samarinda. Bisnis ini menjadi salah satu bekal ketika nanti Riskal pensiun sebagai pemain.

Riskal lahir dari keluarga yang juga berbisnis. Keluarganya selama ini menjalankan bisnis sayuran. Darah bisnis ini mengalir ke diri Riskal meski kini menekuni profesi sebagai pesepak bola.

Riskal memilih bisnis konveksi yang dinamainya Fi Sabilillah Apparel. Bisnis ini sudah jalan dalam lima bulan terakhir di Samarinda. Riskal fokus menggarap jersey olahraga, terutama sepak bola dan futsal.

"Saya belajar tentang bisnis konveksi ini dari kerabat teman yang ada di Jogja. Beberapa alat saya beli di Jogja. Namun untuk mesin printing masih kerja sama," ucap Riskal.

Pada awal usaha ini, Riskal fokus pada pasar yang ada di Samarinda, lebih luas lagi Kalimantan Timur. Menurutnya, bisnis konveksi yang ada di Samarinda sudah ramai.

"Sementara ini usaha bisa saya urus sendiri karena liga juga baru ditunda. Alhamdulillah sejauh ini berjalan lancar," tutur eks Borneo FC ini.

Untuk wilayah Kalimantan Timur, Riskal bukan satu-satunya pemain yang menjalankan bisnis konveksi. Di Kota Bontang, ada bek PSS Sleman, Derry Rachman Noor yang turut berbisnis konveksi.

Riskal berharap usaha ini bisa menjadi bekal ketika nanti pensiun sebagai pemain. Saat ini, Riskal masih punya keinginan membawa Mitra Kukar berprestasi.