Bursa Transfer

Gantikan Virgil van Dijk, Liverpool Mau Gaet Bek 'Dewa' Guardiola

Selasa, 10 November 2020 20:32 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Mike Hewitt/GettyImages
Gantikan Virgil van Dijk, Liverpool berpotensi gaet bek 'Dewa' yang dipercaya Pep Guardiola, David Alaba pada bursa transfer nanti. Copyright: © Mike Hewitt/GettyImages
Gantikan Virgil van Dijk, Liverpool berpotensi gaet bek 'Dewa' yang dipercaya Pep Guardiola, David Alaba pada bursa transfer nanti.

INDOSPORT.COM - Kehilangan Virgil van Dijk sejatinya buat Liverpool kesulitan. Mereka pun berpotensi gaet bek 'Dewa' Bayern Munchen, David Alaba, yang pernah jalin kerjasama dengan Pep Guardiola pada bursa transfer.

Siapa yang tak ingat duel liga domestik antara Everton vs Liverpool? Berlangsung di Goodison Park, laga berakhir dengan skor 2-2 ini harus ditebus harga mahal skuat Jurgen Klopp. Cedera saat lawan kiper The Toffees, Jordan Pickford, buat Van Dijk tak berdaya.

Bek berkebangsaan Belanda itu diharuskan absen hingga akhir musim gara-gara cedera yang sangat parah. Melansir The Focus, mau tak mau, The Reds pun harus mencari pemain bertahan lain dan kebetulan Alaba buka kans gabung klub Liga Inggris pada bursa transfer nanti.

Sempat lihat potensi sang bintang semasa di Bayern Munchen, Guardiola pun tak ragu menyatakan jika Alaba layak menyandang status dewa di skuatnya pada 2016 silam. Kini jadi juru latih Manchester City, sang pelatih pun juga tetap berharap bisa reuni.

"David Alaba adalah dewa kami. Hal ini dikarenakan dia bisa bermain dalam segala posisi berbeda ketika ada di lapangan," ucap mantan pelatih Barcelona itu dalam suatu wawancara terkait kehebatan timnya dilansir Bleacher Report.

Kesaksian mantan pelatihnya itu pun didukung oleh kehebatan bek berusia 28 tahun itu ketika mengisi posisi mulai dari bek kiri hingga tengah. Selain itu, ia juga punya keunggulan seperti pertahankan bola, passing, tendangan bebas, dan umpan silang.

Selama berkarier di Die Roten, pemain berkebangsaan Austria ini pun tergolong cukup hebat lewat statistik 32 gol dan 49 assists dalam 396 pertandingan. Tak heran hal ini membuatnya juga menjadi incaran wajib Manchester City.

Tim yang dilatih Guardiola itu dilaporkan hanya punya Aymeric Laporte dan Nathan Ake yang berspesialis sebagai bek tengah. Kelemahan mereka sendiri ialah tak adanya bek kiri berkualitas sehingga dengan mudah bisa dibobol tim lawan.

Punya keuntungan gara-gara Guardiola, tentu buat Manchester City benar-benar yakin bisa dapatkan jasa David Alaba. Akan tetapi Liverpool bisa saja dapatkan pengganti Virgil van Dijk itu jika saja mereka mau kesampingkan harga mahal pada bursa transfer nanti.