In-depth

Antara Jude Bellingham, Borussia Dortmund, dan Timnas Inggris

Rabu, 11 November 2020 13:19 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Kepindahan Jude Bellingham ke Borussia Dortmund musim panas lalu terbukti tepat. Ia tampil gemilang bersama Die Borussen hingga dipanggil ke Timnas Inggris. Copyright: © Twitter@BellinghamJude
Kepindahan Jude Bellingham ke Borussia Dortmund musim panas lalu terbukti tepat. Ia tampil gemilang bersama Die Borussen hingga dipanggil ke Timnas Inggris.

INDOSPORT.COM – Kepindahan Jude Bellingham ke Borussia Dortmund musim panas lalu terbukti tepat. Ia tampil gemilang bersama Die Borussen hingga dipanggil ke Timnas Inggris.

Cederanya Trent Alexander-Arnold dan James Ward-Prowse ternyata menjadi berkah bagi gelandang Borussia Dortmund, Jude Bellingham. Bintang muda berusia 17 tahun yang sebelumnya berada di skuat Inggris U-21 itu dinaikkan ke timnas senior oleh pelatih Gareth Southgate.

Nama Bellingham sendiri sejatinya sudah menjadi perbincangan sejak musim panas lalu, ketika dirinya menjadi rebutan dua raksasa Eropa, yakni Manchester United dan Borussia Dortmund.

Namun, meski sempat berkunjung dan melihat-lihat pusat latihan Manchester United, Bellingham justru mengikuti jejak Jadon Sancho dengan memilih hijrah ke Bundesliga bersama Die Borussen, dengan nilai transfer 25 juta pounds (Rp465 miliar).

Meski cukup mahal, nominal tersebut sebenarnya sepadan dengan kualitas Bellingham. Pasalnya, pada musim sebelumnya ia sudah menjadi andalan Birmingham City meski baru berusia 16 tahun.

Sejak menjalani debut pada 6 Agustus 2019 di usia 16 tahun 38 hari yang menjadikannya pemain termuda Birmingham City, Bellingham memang tak tergeser dari tim utama. Hingga akhir musim ia tercatat tampil 44 kali di semua kompetisi dengan sumbangan 4 gol dan 3 assist.

Meski baru tampil setahun di level senior, catatan tersebut sudah cukup bagi Borussia Dortmund untuk memboyongnya. Besarnya rasa percaya manajemen klub Bundesliga itu bahkan ditunjukkan dengan durasi kontrak yang panjang, yakni 5 tahun, meski pengalaman Bellingham belum terlalu teruji.

Di sisi lain, keputusan Bellingham memilih Borussia Dortmund dibandingkan Manchester United sendiri didasarkan pada keberhasilan Die Borussen mengembangkan pemain muda, seperti misalnya kompatriotnya sendiri, Jadon Sancho.

 "Saya benar-benar antusias untuk bergabung dengan salah satu klub terbesar di Eropa. Cara mereka membantu perkembangan para pemain muda membuat saya mudah membuat keputusan secara pribadi maupun untuk keluarga saya," katanya kepada BBC ketika itu.

Keputusan bergabung dengan Borussia Dortmund pun kemudian terbukti tepat. Meski belum rutin tampil sebagai starter, pelatih Lucien Favre kerap memberinya kesempatan tampil.

Hingga kini, ia telah tampil 11 kali di semua kompetisi mulai dari Bundesliga, Liga Champions, dan DFB Pokal, dengan 6 di antaranya dijalani sejak menit pertama. Ia juga telah menyumbangkan satu gol dan dua assist.

Satu-satunya gol Bellingham, yang tercipta pada putaran pertama DFB Pokal menghadapi Duisburg, bahkan menjadikannya pencetak gol termuda sepanjang sejarah Dortmund.

Selain itu, Jude Bellingham juga tercatat menjadi pemain U-17 dengan operan akurat terbanyak di lima liga top eropa (292 kali), dan berada di peringkat kedua dalam hal akurasi umpan (86%).

Timnas Inggris sendiri akan menjalani tiga laga pada jeda internasional pekan ini dan pekan depan. Tim Tiga Singa akan beruji coba dengan Republik Irlandia (13/11), sebelum melanjutkan perjalanan di ajang Nations League dengan menghadapi Belgia (16/11) dan Islandia (19/11).

Di antara ketiga laga itu, peluang terbesar Bellingham tampil adalah ketika menghadapi Irlandia. Status laga yang hanya uji coba memungkinkan Gareth Southgate melakukan sejumlah eksperimen, sebelum berlaga di Nations League.

Menariknya, jika akhirnya diberi kesempatan tampil, Bellingham akan jadi pemain termuda ketiga dalam sejarah Inggris, setelah Wayne Rooney dan Theo Walcott. Mengingat kegemaran Southgate menjajal pemain anyar, kemungkinan terwujudnya hal itu pun cukup terbuka.

Menarik ditunggu apakah Jude Bellingham akhirnya benar-benar mendapatkan debutnya bersama timnas Inggris. Meski demikian, satu hal sudah pasti. Keputusannya bergabung dengan Borussia Dortmund musim panas lalu terbukti tepat, karena berhasil membawanya ke tim senior Tiga Singa di usia 17 tahun.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%