In-depth

Jack Grealish: Kerugian Irlandia, Keuntungan Inggris

Selasa, 10 November 2020 14:59 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Twitter England
Jelang laga ujicoba Inggris vs Republik Irlandia, gelandang tim Tiga Singa, Jack Grealish, menjadi sorotan karena pernah membela Irlandia hingga level U-21. Copyright: © Twitter England
Jelang laga ujicoba Inggris vs Republik Irlandia, gelandang tim Tiga Singa, Jack Grealish, menjadi sorotan karena pernah membela Irlandia hingga level U-21.

INDOSPORT.COM – Jelang laga ujicoba Inggris vs Republik Irlandia, gelandang tim Tiga Singa, Jack Grealish, menjadi sorotan karena pernah membela Irlandia hingga level U-21.

Sejauh ini, musim kompetisi 2020/2021 menjadi periode menyenangkan untuk Jack Grealish. Sempat terancam terdegradasi akhir musim lalu, kini ia justru berhasil membawa Aston Villa ke papan atas. Kemenangan atas Arsenal akhir pekan lalu membuat mereka bertengger di peringkat 6 Liga Inggris.

Kegemilangan Grealish yang mencatatkan 5 gol dan 5 assist untuk The Villans musim ini berbuah manis. Ia kembali dipanggil ke timnas Inggris untuk menghadapi 3 laga sekaligus, yakni ujicoba melawan Republik Irlandia (13/11), dan Nations League bersua Belgia (16/11) dan Islandia (19/11).

Dari tiga laga tersebut, keberadaan Grealish di skuat Inggris menghadapi Republik Irlandia menjadi sorotan. Pasalnya, situasinya sebenarnya bisa saja terbalik mengingat Grealish sempat membela timnas Republik Irlandia hingga level U-21, sebelum memilih bermain untuk timnas Inggris di level senior.

Kisah Grealish di level tim nasional berawal ketika ia mendapatkan kesempatan trial bersama timnas Inggris U-15, bersama sejumlah pemain muda seperti Lewis Baker dan Chuba Akpom. Namun, sebuah insiden di kamar hotel membuatnya cedera sehingga batal tampil di ajang Victory Shield.

Tak jadi tampil bersama Inggris U-15, Grealish dan keluarganya pun mendapat kunjungan dari scout Irlandia. Kepastian adanya darah Irlandia dari kakek neneknya membuat Grealish kemudian dibajak oleh  Irlandia. Ia pun menjalani debut di timnas U-16 saat masih berusia 14 tahun dengan menghadapi Wales.

Kesempatan ini pun tak disia-siakan Grealish yang memanfaatkannya untuk mengembangkan kemampuannya. Ia pun kemudian selalu masuk timnas untuk kelompok usia yang lebih tinggi, termasuk tampil di timnas U-21 meski baru berusia 17 tahun.

Secara total, Grealish tercatat tujuh kali bermain untuk timnas Irlandia U-17 dan enam kali untuk timnas U-18 dan U-21