In-depth

Mokhtar Dahari, Mesin Gol Malaysia yang Ungguli Lionel Messi

Jumat, 13 November 2020 05:05 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Wikipedia
Mengenal sosok Mokhtar Dahari salah satu penyerang mematikan ASEAN dan mesin gol Malaysia, yang secara statistik mampu mengungguli catatan milik Lionel Messi. Copyright: © Wikipedia
Mengenal sosok Mokhtar Dahari salah satu penyerang mematikan ASEAN dan mesin gol Malaysia, yang secara statistik mampu mengungguli catatan milik Lionel Messi.

INDOSPORT.COM - Mengenal sosok Mokhtar Dahari salah satu penyerang mematikan ASEAN dan mesin gol asal Malaysia, yang secara statistik mampu mengungguli catatan milik Lionel Messi.

Bagi pecinta sepak bola era milenial, sosok Mokhtar Dahari sendiri mungkin kurang begitu populer, lantaran penyerang kelahiran Setapak ini memang gemilang pada periode 70 hingga awal 90-an.

Mengutip dari therakyatpost.com, diketahui bahwa Mokhtar Dahari merupakan salah satu pemain depan paling berbahaya di Asia dengan naluri mencetak gol mematikan saat di kotak penalti.

Tercatat sampai saat ini, Mokhtar Dahari telah mencetak 86 gol dari 131 penampilannya bersama Timnas Malaysia di semua ajang. Torehan tersebut membuatnya bertengger di peringkat ketiga, sebagai pencetak gol terbanyak untuk satu negara.

Jumlah gol Mokhtar Dahari hanya berselisih 15 gol dari Cristiano Ronaldo yang berada di tempat kedua, serta 23 gol dari top skor sepanjang masa, Ali Daei bersama Timnas Iran.

Bahkan, torehan gol Mokhtar Dahari mampu melebihi catatan milik mega bintang asal Argentina, Lionel Messi yang sampai saat ini baru mencetak 71 gol dari 140 pertandingan bersama Tim Tango.

Legenda Selangor

Mokhtar pertama kali berkarier di sepak bola dengan memperkuat Selangor di Piala Burnley, atau turnamen yang diselenggarakan bagi pemain di bawah usia 19 tahun. Dalam kompetisi tersebut, Mokhtar sukses mengantarkan Selangor menjadi juara.

Berbekal kemampuannya di kompetisi junior, membuat Selangor merekrut secara permanen Mokhtar Dahari, dan ia pun langsung menjadi pencetak gol terbanyak di musim pertamanya bersama Red Giants di musim 1972.

Lima belas tahun memperkuat Selangor, Mokhtar Dahari membantu klub memenangkan banyak gelar, terutama pada ajang Piala Malaysia yang berhasil ia raih sebanyak 10 kali.

Di level Timnas Malaysia, Mokhtar menjalani laga debut ketika berusia 19 tahun saat menghadapi Timnas Sri Lanka pada tahun 1972. Dalam laga yang berlangsung di Jakarta tersebut, dirinya sukses mencetak satu gol sekaligus membawa Malaysia menang dengan skor 3-0.