Bola Internasional

Media Malaysia Heran Mengapa Timnas Indonesia Senior Dinomorduakan

Jumat, 13 November 2020 13:57 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor:
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tidak jelasnya timnas Indonesia senior melakukan pemusatan latihan jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022 membuat media Malaysia heran. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tidak jelasnya timnas Indonesia senior melakukan pemusatan latihan jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022 membuat media Malaysia heran.

INDOSPORT.COM - Belum juga ada tanda-tanda kapan timnas Indonesia senior akan melakukan training camp (TC) jelang laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022.

AFC baru saja menetapkan kalau laga sisa di fase grup harus selesai sebelum 15 Juni 2021. Setiap negara peserta akan bertanding pada 7 dan 8 Maret kemudian dilanjut 9 dan 10 Juni 2021.

Setelah itu, babak final Kualifikasi Piala Dunia 2022 akan dimulai pada September 2021 mendatang. Pada akhir Maret 2022 akan ada Play-off zona Asia dan Inter-Kontinental demi menentukan tim yang layak ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Belum adanya persiapan dari timnas Indonesia itu membuat media Malaysia, Vocketfc heran. Padahal mereka pernah mendengar pernyataan PSSI mengenai target yang diberikan Shin Tae-yong yakni bisa menyapu bersih tiga laga sisa fase grup.

Timnas Indonesia memang sudah tidak ada harapan lolos Piala Dunia, namun kemenangan di babak kualifikasi akan membuat rangking FIFA mereka menjadi naik.

"Timnas Indonesia terakhir kali menggelar TC pada Agustus lalu. Sampai saat ini, skuat Garuda belum lagi dikumpulkan, meski ada dua jeda internasional pada 7-15 Oktober dan 11-19 November ini," tulis Vocketfc.

"Padahal, PSSI menargetkan Timnas Indonesia meraih kemenangan di tiga pertandingan sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022, juara Piala AFF 2020, hingga menaikkan ranking FIFA," imbuhnya.

Diketahui, saat ini PSSI dan Shin Tae-yong lebih memilih fokus untuk mempersiapkan timnas Indonesia U-19. Hal itu karena Jack Brown dan kawan-kawan akan menghadapi Piala Asia U-19 2021.

Setelah turnamen itu selesai, timnas Indonesia U-19 akan bermain sebagai tuan rumah di ajang bergengsi Piala Dunia U-20 2021. Tentu Shin Tae-yong tidak ingin malu karena Indonesia bermain di kandang sendiri.