Liga Indonesia

Iwan Bule Sebut 1 Pemain Timnas U-19 yang 'Spesial' bagi Shin Tae-yong

Minggu, 8 November 2020 16:27 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Arum Kusuma Dewi
© PSSI
Laga internal game Timnas Indonesia U-19, Jumat (23/10/20). Copyright: © PSSI
Laga internal game Timnas Indonesia U-19, Jumat (23/10/20).

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan sangat mendukung pemain Indonesia untuk berkarier di luar negeri, agar kemampuannya meningkat. Ia mencontohkan Witan Sulaeman yang dipuji oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. 

Iwan Bule, sapaan Iriawan, mengatakan Shin Tae-yong senang dengan potensi yang dimiliki Witan (FK Radnik). Hal itu berlaku pula dengan pemain lain yang berani ambil risiko bermain di luar Indonesia seperti Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk) dan Yanto Basna (PT Prachuap).

"Beberapa pemain kita ada di luar negeri, ada Egy, lalu Witan yang menurut STY (Shin Tae-yong) sangat potensial di mana kita lihat permainan sangat bagus selama TC di Kroasia. Lalu ada juga Yanto Basna," katanya.

Oleh sebab itu, Iwan Bule menegaskan PSSI akan membantu pemain muda untuk berkarir atau menimba ilmu di luar negeri. Program Garuda Select jadi salah satu harapan, karena terbukti menyumbangkan pemain potensial untuk Timnas U-19.

"Program Garuda Select cukup bagus, pemain dari sana berkualitas dan mereka banyak di Timnas U-19. Semarang jilid tiga sudah digelar di Pakansari dan akan latihan di Inggris," jelasnya.

Selain Garuda Select, PSSI memaparkan sudah punya program untuk pengembangan pemain muda. Salah satunya adalah mengirimkan pemain di usia 15-18 tahun ke klub-klub Eropa.

Iwan Bule (sapaan Iriawan) menjelaskan sudah menjalin komunikasi dengan beberapa federasi negara Eropa. Spanyol dan Portugal disebut terbuka dengan program yang dicanangkan PSSI.