In-depth

3 Keuntungan Manchester United Pulangkan Cristiano Ronaldo

Sabtu, 14 November 2020 16:18 WIB
Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Manchester United dirumorkan akan memboyong kembali sang megabintang, Cristiano Ronaldo, ke Old Trafford pada bursa transfer musim panas mendatang.

Rumor tersebut mencuat setelah salah satu media Spanyol, Sport, memberitakan Juventus siap melepas Ronaldo akhir musim 2020/2021. Bianconeri disebut tidak sanggup membayar gaji tinggi pemain Timnas Portugal tersebut yang mencapai angka 31 juta euro atau sekitar Rp520 miliar.

Sejatinya, kontrak Ronaldo bersama Juventus akan berakhir pada Juni 2022 mendatang. Namun Si Nyonya Tua berencana melepas sang bintang setahun lebih cepat dari batas kontraknya.

Bahkan kubu Setan Merah dikabarkan sudah menghubungi langsung Jorge Mendes selaku agen Cristiano Ronaldo soal kemungkinan transfer pemain yang identik dengan nomor 7 tersebut.

Meski Manchester United sudah membantah akan memulangkan Ronaldo, namun dalam sepak bola apapun bisa terjadi. 

Berikut sederet keuntungan yang akan didapatkan Manchester United andai mereka benar-benar merekrut Cristiano Ronaldo:

1. Sosok Pemimpin yang Dicari

Manchester United tengah mengalami performa inkonsisten di musim ini. Mereka masih tercecer di peringkat 14 klasemen Liga Inggris 2020/2021 dengan torehan 10 poin dari tujuh perrtandingan.

Tidak memiliki pemain yang bisa tampil sebagai pemimpin dianggap menjadi biang dari penampilan kurang meyakinkan skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer, seperti yang diutarakan legenda Manchester United, Roy Keane.

Cristiano Ronaldo dianggap sosok yang tepat menjadi sosok mentor di Manchester United. Di dalam lapangan, jiwa kepemimpinan Ronaldo bisa dilihat saat berhasil membawa Portugal meraih Piala Eropa tahun 2016 dan trofi UEFA Nations League 2018/2019.

Apalagi Ronaldo bukanlah sosok baru di Manchester United. Penyerang 35 tahun ini pernah berseragam Setan Merah dari tahun 2003 sampai akhirnya hengkang ke Real Madrid pada 2009.

2. Lapar Akan Gelar

Meski usianya sudah kepala tiga, Ronaldo dianggap masih lapar dengan gelar. Berbagai piala bergengsi pun sudah diraih jebolan Sporting Lisbon tersebut, di antaranya Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, Liga Inggris, LaLiga, dan Serie A.

Kepulangan Ronaldo bisa membangkitkan motivasi pemain Manchester United yang mulai kesulitan menjuarai kompetisi.

Selama enam tahun membela Manchester United, Cristiano Ronaldo berhasil meraih 3 titel Liga Inggris, 1 Piala FA, 2 Piala Liga, 1 Community Shield, 1 Liga Champions, dan 1 Piala Dunia Antarklub.

Sementara Manchester United sudah puasa gelar sejak terakhir kali menjuarai Liga Europa musim 2016/2017. Sedangkan di Liga Inggris, David De Gea dan kawan-kawan terakhir meraihnya titel juara pada tahun 2013.

3. Keuntungan Finansial Klub

Berkaca dari Juventus, kedatangan Ronaldo bisa menaikan penjualan jersey original klub. Pada tahun 2018 lalu, jersey Ronaldo telah menyumbangkan dana sebesar 54 juta euro atau Rp915 miliar setelah 24 jam pengumuman kedatangan mantan bintang Real Madrid tersebut.

Meski keuntungan tidak semua masuk ke kantong Juventus, bahkan hampir sebagian uang itu akan menjadi milik Adidas karena merekalah yang membuat jersey tersebut, hal ini sudah membuktikan bahwa efek Ronaldo sangat besar bagi Juventus.

Selain itu, harga saham Juventus mengalami lonjakan cukup tinggi. Sebelum kedatangan Ronaldo, harga saham Juventus berkisar 0,65 euro pada 28 Juni 2018.

Akan tetapi, saat Juventus mengumumkan perekrutan Cristiano Ronaldo pada 10 Juli 2018, saham Biamconeri langsung melesat ke angka 0,90 euro.