Liga Inggris

Pedih, 5 Eks Liverpool Ini Layak tapi Gagal Cicipi Gelar Liga Inggris

Sabtu, 14 November 2020 14:28 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Andrew Powell/Liverpool FC via Getty Images
Di balik suksesnya Liverpool juara Liga Inggris 2019-2020, ada beberapa mantan yang juga layak mencicipinya. Copyright: © Andrew Powell/Liverpool FC via Getty Images
Di balik suksesnya Liverpool juara Liga Inggris 2019-2020, ada beberapa mantan yang juga layak mencicipinya.

INDOSPORT.COM - Puasa gelar Liga Inggris yang baru saja diakhiri Liverpool memang terasa begitu manis, namun tetap menyimpan kepahitan tersendiri bagi beberapa pihak.

Seperti diketahui, sebelum 2019-2020, The Reds terakhir kali menjadi raja sepak bola Inggris pada 1989-1990. Bisa dibayangkan, dalam kurun waktu tiga dekade tersebut, ada berapa pemain yang datang dan pergi?

Beberapa di antara mereka memang berhasil meraih sejumlah trofi seperti Liga Champions, tapi tetap saja, Liga Inggris adalah prioritas dan gelar besar yang telah dinanti kehadirannya sejak lama.

Perjalanan Liverpool menggapai takhta juara sendiri bisa dibilang cukup berliku, mulai dari kalah poin yang begitu tipis dari Manchester City sampai insiden terpeleset Steven Gerrard yang melegenda.

Namun akhirnya perjuangan The Reds terbayar sudah dan skuat yang memenangkan gelar ini pun layak mendapat apresiasi. Memang, sebuah kemenangan diraih berkat kerja keras, begitu pula yang berhasil diwujudkan anak asuh Jurgen Klopp.

Akan tetapi, para mantan pemain Liverpool terdahulu juga telah bersusah payah dan pasti mengerahkan seluruh tenaga untuk membantu tim memenangkan gelar Liga Inggris, yang sayangnya belum berhasil.

Apakah itu artinya perjuangan mereka masih kurang atau ada faktor keberuntungan? Namun yang pasti, deretan para mantan ini layak pula mendapat apresiasi, karena bagaimana pun juga mereka pernah jadi bagian sejarah The Reds.

Siapa saja kira-kira para mantan pemain Liverpool yang layak meraih gelar Liga Inggris namun takdir tidak berpihak kepada mereka?

Michael Owen

Jika berbicara tentang tokoh yang satu ini, senyuman mungkin bakal merekah di wajah para suporter Liverpool, tapi bisa jadi pula yang keluar adalah kata-kata makian.

Ya, Owen adalah salah satu bintang besar The Reds pada zamannya. Bukan hanya bintang dan pemain sukses, ia juga seorang idola.

Hanya saja, ia sempat mematahkan hati publik Anfield ketika memutuskan berseragam Manchester United pada 2009. Meski demikian, ia layak diingat sebagai pemain yang pernah berjaya bersama Liverpool.

Owen berhasil menggondol gelar Piala FA, Piala Liga Inggris, Piala Super Eropa, Liga Europa (UEFA Cup), dan Community Shield. Ya, sepertinya memang rentetan tersebut lengkap tanpa titel Premier League.

Padahal, Owen merupakan pemain populer pada masanya, apalagi dengan kehebatannya bermain sepak bola yang sudah terlihat sejak usia 15 tahun. Owen remaja di Liverpool adalah pemandangan terindah yang akan selalu dikenang banyak orang.