Liga Europa

UEFA Resmi Jatuhkan Sanksi untuk Jose Mourinho dan Tottenham Hotspur

Sabtu, 14 November 2020 09:50 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Tottenham Hotspur FC/Tottenham Hotspur FC via Getty Images
Pihak UEFA resmi menjatuhkan sanksi untuk Jose Mourinho dan tim asuhannya Tottenham Hotspur akibat insiden tak mengenakkan di Liga Europa. Copyright: © Tottenham Hotspur FC/Tottenham Hotspur FC via Getty Images
Pihak UEFA resmi menjatuhkan sanksi untuk Jose Mourinho dan tim asuhannya Tottenham Hotspur akibat insiden tak mengenakkan di Liga Europa.

INDOSPORT.COM – Pihak UEFA resmi menjatuhkan sanksi untuk Jose Mourinho dan tim asuhannya Tottenham Hotspur akibat insiden tak mengenakkan di Liga Europa.

Insiden itu terjadi pada laga Tottenham kontra Royal Antwerp, Oktober lalu.  Kala itu pertandingan dimulai sedikit terlambat lantaran skuat The Lilywhites terlambat datang.

Di pertandingan itu, Tottenham menelan kekalahan 0-1, tetapi kemudian meraih kemenangan sepekan berselang untuk memimpin klasemen sementara Grup J dengan koleksi enam poin di atas Antwerp dan LASK Linz.

Menurut Badan Etika dan Disipliner UEFA, melansir dari Football London, Jose Mourinho dianggap sebagai orang yang paling bertanggung jawab atas kejadian ini. Oleh karena itu, dia harus dihukum.

Kemudian pada hari Sabtu (14/11/20), UEFA mengumumkan larangan kompetisi satu pertandingan Liga Europa kepada juru taktik asal Portugal.

Itu artinya, Mourinho mungkin tidak boleh hadir saat timnya bertanding, tepatnya saat Harry Kane dkk berjumpa dengan Lodogorets pada matchday keempat Grup J Liga Europa.

Tidak hanya Mourinho saja yang dikenakan sanksi, UEFA juga menjatuhkan denda 25 ribu euro atau setara dengan Rp419 juta untuk kick-off yang terlambat.

Selain itu, tim London Utara ini juga dikenai sanksi sebesar 3 ribu euro atau Rp50 juta lebih lanjut karena pelanggaran peraturan peralatan UEFA.

UEFA sendiri sempat mengatakan larangan itu ditangguhkan untuk masa percobaan satu tahun, sejak dikeluarkan keputusan ini.

Ini artinya, Mourinho akan diizinkan berada di bangku cadangan selama sisa musim Liga Europa yang dilakoni Spurs asalkan tidak melanggar aturan masa percobaannya selama 12 bulan ke depan.