Bola Internasional

4 Jebolan Akademi Real Madrid yang Lebih Sukses di Klub Lain

Minggu, 15 November 2020 20:33 WIB
Editor: Coro Mountana
© Getty Images
Selebrasi Juan Mata setelah mencetak gol pembuka di laga Piala FA saat berhadapan dengan Reading. Copyright: © Getty Images
Selebrasi Juan Mata setelah mencetak gol pembuka di laga Piala FA saat berhadapan dengan Reading.

INDOSPORT.COM - Real Madrid adalah salah satu klub terbesar di dunia yang juga rajin mencetak pemain bintang melalui akademinya, atau disebut sebagai La Fabrica. Nama-nama top pernah lahir dari akademi La Fabrica, seperti Raul Gonzalez, Iker Casillas dan beberapa nama lainnya, yang sukses menjadi bagian dari sejarah klub dan menjadi legenda.

Namun demikian, merujuk pada julukan Los Galacticos, banyak bintang bertaburan di klub tersebut sehingga kerap kalo anak-anak jebolan La Fabrica sulit berkembang di tim utama. Klub tersebut juga hobi belanja pemain sehingga pemain akademinya sulit bersinar di tim senior.

Nama-nama yang akhirnya harus terlempar dari skuat senior pun kerap menjadi pemain bintang di klub lain. Ambil contoh saja, Samuel Eto’o yang merupakan produk asli La Fabrica mampu sukses besar ketika memperkuat Barcelona.

Setelah era Samuel Eto'o, hal yang ia alami juga masih terjadi hingga saat ini. Para pemain jebolan La Fabrica yang tidak terpakai, pada akhirnya mampu unjuk gigi dan menunjukkan kebintangannya di klub barunya.

Bahkan kebintangan tersebut membuat sang pemain tidak dikenal sebagai pemain asli binaan Real Madrid. Berikut ini adalah empat pemain yang mampu sukses ketika meninggalkan Real Madrid:

1. Juan Mata

Juan Mata sangat berkembang bersama akademi La Fabrica. Namun ia kesulitan menembus skuat senior Real Madrid.

Singkat cerita, Mata menarik minat Valencia dan akhirnya membela klub itu mulai tahun tahun 2007 atau saat usianya masih 19 tahun. Berama Los Che, Mata sukses menyihir sepak bola Spanyol.

Sang pemain tampil 174 kali bersama Valencia dengan torehan 46 gol dan 52 assist. Penampilan memukau Mata pun membuat raksasa Inggris, Chelsea membelinya pada tahun 2011.

Di Chelsea, Juan Mata semakin menunjukkan tajinya. Dia menjadi pemain penting Chelsea selama sekitar tiga tahun dan sempat mengantar klub tersebut merengkuh Liga Champions tahun 2012.

Dan pada tahun 2014 hingga saat ini, Juan Mata tengah melanjutkan kariernya di Manchester United. Ia selalu menjadi andalan di klub berjuluk Setan Merah ini dan telah memenangi beberapa trofi seperti Liga Europa, Piala Liga, dan FA Cup.