In-depth

Dari Inggris Menuju Spanyol, Jalan Memutar Sergio Reguilon

Minggu, 15 November 2020 14:26 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Manuel Queimadelos/Quality Sport Images/Getty Images
Meninggalkan Real Madrid dan gabung Tottenham Hotspur di Liga Inggris jadi keputusan tepat Sergio Reguilon. Ia pun kini mulai jadi andalan di timnas Spanyol. Copyright: © Manuel Queimadelos/Quality Sport Images/Getty Images
Meninggalkan Real Madrid dan gabung Tottenham Hotspur di Liga Inggris jadi keputusan tepat Sergio Reguilon. Ia pun kini mulai jadi andalan di timnas Spanyol.

INDOSPORT.COM – Meninggalkan Real Madrid dan gabung Tottenham Hotspur di Liga Inggris jadi keputusan tepat Sergio Reguilon. Ia pun kini mulai jadi andalan di timnas Spanyol.

Meski bergabung dengan Real Madrid sejak usia delapan tahun, Sergio Reguilon seolah tak berjodoh dengan raksasa LaLiga Spanyol itu. Terbukti, sepanjang kariernya ia justru lebih sering dipinjamkan, dan tercatat hanya satu musim bermain untuk Los Blancos yakni pada musim 2018/2019.

Penampilan gemilang bersama Sevilla musim lalu, dengan sumbangan tiga gol dan lima assist di semua kompetisi serta memenangkan Liga Europa, nyatanya tak menggerakkan hati Zinedine Zidane. Pria Prancis itu lebih memilih mengandalkan Ferland Mendy dan bintang veteran Marcelo di sektor bek kiri.

Akibatnya, Reguilon pun hengkang dari klub yang sudah ia idolakan sejak kecil tersebut. Ia kemudian memilih mengembangkan kariernya dan bermain di luar Spanyol untuk pertama kalinya, dengan menerima pinangan klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur.

Reguilon didatangkan The Lilywhites dengan banderol 30 juta euro (Rp500 miliar) dan dikontrak dengan durasi lima tahun.

Meski demikian, ia menyebut keputusan itu sebenarnya tidak sepenuhnya keputusannya sendiri. “Saya tidak ada di Madrid bukanlah karena keputusan saya sendiri."

Namun, meski pada akhirnya harus meninggalkan klub masa kecilnya, Reguilon mengaku tak menyesal. "Hati nurani saya sudah bulat, saya tidak menyesal meninggalkan Real Madrid. Real Madrid memberi saya segalanya dan itu akan selalu menjadi klub spesial bagi saya," katanya seperti dilansir Marca.

Bersama Tottenham Hotspur yang dilatih eks pelatih Los Blancos, Jose Mourinho, Reguilon pun langsung tampil gemilang. Ia tak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi meski ini baru musim pertamanya bermain di Inggris.

Dalam laga debutnya berseragam The Lilywhites yang terjadi di ajang Piala Liga saat berjumpa Chelsea di babak keempat, ia langsung menyumbangkan satu assist dalam pertandingan yang akhirnya dimenangi Tottenham lewat adu penalti itu.

Sejak itu, Reguilon pun mulai menjadi bek kiri utama andalan Mourinho, menggusur Ben Davies ke bangku cadangan dan Danny Rose yang akhirnya tak didaftarkan di skuat Liga Inggris.

Hingga saat ini, ia pun telah tampil 8 kali membela Tottenham Hotspur di semua kompetisi, dan menyumbangkan tiga assist.

Mulai Jadi Andalan di Timnas Spanyol

Performa gemilang bersama The Lilywhites pun menghadirkan kabar baik lain bagi Sergio Reguilon. Dirinya mulai menjadi andalan pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique, di sektor bek kiri.

Tercatat, sejak bermain untuk Tottenham Hotspur, ia dipanggil oleh sang pelatih untuk dua kesempatan beruntun, yakni pada Oktober dan November ini. Dari lima pertandingan yang sudah dijalani La Furia Roja di dua kesempatan itu, Reguilon tampil di empat pertandingan.

Teranyar, ia tampil sejak menit awal saat Spanyol bertandang ke markas Swiss di lanjutan Nations League, Minggu (15/11/20) WIB. Perannya pun terbilang penting dengan menyumbangkan satu assist kepada Gerard Moreno, untuk membuat Spanyol terhindar dari kekalahan dengan bermain seri 1-1.

Berkat tambahan empat laga itu, ia pun kini tercatat sudah memiliki lima caps, sejak debutnya pada September lalu. Sumbangsihnya pun terbilang cukup baik dengan telah mencetak dua assist.

Dengan jarang dipanggilnya bek kiri Barcelona, Jordi Alba, maka Reguilon pun mulai menjadi andalan Luis Enrique di posisi bek kiri menggusur bintang Valencia, Jose Gaya.

Catatan ini pun membuktikan bahwa meski tak sepenuhnya keinginannya, meninggalkan Real Madrid dan bergabung dengan Tottenham Hotspur adalah keputusan tepat bagi Sergio Reguilon. Terbukti, ia kini sukses menjadi andalan timnas Spanyol, meski harus mengambil jalan memutar lewat Inggris.