Bola Internasional

Dereta Pemain yang Positif Covid-19 Usai Jalani Laga Internasional Baru-baru Ini

Senin, 16 November 2020 21:12 WIB
Editor: Juni Adi
© Carlos Rodrigues/Getty Images
Cristiano Ronaldo di laga Portugal vs Prancis Copyright: © Carlos Rodrigues/Getty Images
Cristiano Ronaldo di laga Portugal vs Prancis

INDOSPORT.COM - Sejumlah kompetisi liga di beberapa belahan dunia termasuk Eropa saat ini tengah jeda, karena para pemain harus menjalani laga internasional agenda FIFA.

Adapun beberapa kompetisi internasional yang saat ini tengah dijalani adalah pertandingan uji coba, UEFA Nations League hingga melakoni Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar.

Sayangnya, pertandingan internasional yang dimainkan ternyata masih jauh dari kata aman dalam kondisi pandemi corona ini.

Sebab, sejumlah pemain dinyatakan positif virus corona usai bertanding membela tim nasional masing-masing. Berikut daftar pemain yang positif Covid-19:

1. Mohamed Salah

Kabar buruk menerpa Liverpool jelang bertanding akhir pekan nanti. Penyerang andalan mereka, Mohamed Salah diperkirakan harus absen karena positif corona.

Pengumuman tersebut disampaikan Federasi Sepakbola Mesir (EFA), Jumat (13/11/2020) malam WIB. Lewat akun media sosial Twitter, EFA mengkonfirmasi Salah terjangkit COVID-19 usai menjalani tes swab bersama Timnas Mesir.

"Pemeriksaan swab medis yang dilakukan kepada timnas sepakbola kami menunjukkan bahwa pemain internasional kami, Mohamed Salah, bintang Liverpool, terinfeksi virus Corona setelah hasil tesnya positif," begitu isi pernyataan yang disampaikan EFA via akun @EFA.eg.

2. Domagoj Vida

Domagoj Vida tampil sebagai starter untuk timnas Kroasia saat melawan Turki pada Rabu (12/11/20) kemarin. Namun saat turun minum, dan ingin memainkan babak kedua, Vida harus diganti.

Pasalnya, ia dinyatakan positif corona setelah dilakukan tes ulang. Padahal, sebelum pertandingan melawan Turki dimulai para pemain Kroasia sudah tes dan hasilnya negatif.

Ofisial Kroasia menyatakan dia perlu beberapa hari menjalani isolasi mandiri di Istanbul yang merupakan markas klub Besiktas, ketika timnya bertandang ke Stockholm.

Anggota tim lainya dalam delegasi mereka dites positif tetapi tidak melakukan kontak dengan tim atau staf. Pertandingan sendiri berakhir dengan skor 3-3.. 

3. Alan Browne

Gelandang Republik Irlandia Alan Browne dites positif virus corona setelah bermain penuh 90 menit lawan Inggris, Jumat (13/11) dini hari WIB.

Browne ikut ambil bagian ketika Republik Irlandia kalah 3-0 di Wembley, dengan tiga gol The Three Lions masing-masing dicetak Harry Maguire, Jadon Sancho, dan Dominic Calvert-Lewin.

Namun, tes setelah pertandingan menunjukkan kalau gelandang Preston North End itu terpapar Covid-19.

4. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo dinyatakan positif Covid-19 sejak memperkuat Portugal pada jeda internasional pertengahan Oktober kemarin. Pemain berusia 35 tahun ini pun kemudian menjalani karantina mandiri selama 19 hari di rumahnya di Turin.

Pasca 19 hari menjalani isolasi, kini ia sudah sembuh dan tidak lagi menjalani isolasi. Kemungkinan ia juga bisa kembali bertanding seperti sebelumnya.

"Mungkin Rabu (28/10) nanti ada peluang dan kami berharap Cristiano tiba di sana dan segera pulih dari COVID-19," kata Messi seperti dikutip Sport Bible.