Liga Indonesia

Marc Klok: Naturalisasi Saya Bukan Hanya Ubah Paspor, tapi...

Selasa, 17 November 2020 18:13 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok, menyatakan sangat bangga usai menyandang status sebagai warga negara Indonesia (WNI). Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok, menyatakan sangat bangga usai menyandang status sebagai warga negara Indonesia (WNI).

INDOSPORT.COM - Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok, menyatakan sangat bangga usai menyandang status sebagai warga negara Indonesia (WNI). Ia menilai proses naturalisasinya tak hanya soal mengubah paspor, tapi juga seluruh kehidupannya.

Klok resmi menjadi WNI pada 12 November lalu, setelah melakukan sumpah WNI. Ia mengatakan, momen tersebut adalah salah satu yang terbaik dalam hidupnya.

Kecintaannya terhadap Indonesia begitu besar dan hal itu sudah dirasakan sejak pertama kali tiba di Makassar, 2017 lalu.

"Saya ingin sedikit bercerita tentang proses naturalisasi untuk mengubah paspor menjadi Indonesia. Tapi menurut saya, ini bukan hanya soal mengganti paspor. Ini tentang menetapkan hati saya untuk memberikan yang terbaik untuk negara yang saya cintai, dan impian itu ada di sini," tuturnya seperti dilansir dari blog pribadi, marcklok.com.

"Saya punya keinginan sejak awal saya di Indonesia. Saya jatuh cinta dengan segalanya. Namun saya baru memulai proses menjadi Warga Negara Indonesia pada awal tahun 2020," imbuh pemain kelahiran Belanda itu.

Klok dinaturalisasi karena punya garis keturunan dari kakek buyutnya. Setelah menjadi WNI, target terbesarnya adalah membela Timnas Indonesia.

Pemain 27 tahun itu sadar, tidak mudah untuk membela skuat Garuda. Namun, Klok berjanji akan bekerja keras demi membuat masyarakat Indonesia bangga.

"Impian untuk berkontribusi bagi Indonesia semakin besar dalam diri saya sejak saat itu (tiba di Indonesia). Saya memiliki impian untuk menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Itu sekarang menjadi salah satu tujuan saya. Saya tahu itu tidak akan mudah," ujar Klok.

"Semua orang di sini memiliki mimpi yang sama. Saya memilih impian saya, dan saya akan melakukan apa pun. Saya selalu memaksakan diri, bekerja keras, dan percaya bahwa suatu saat saya akan ada untuk membuat orang Indonesia tersenyum," pungkasnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
33%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
17%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%