Liga Indonesia

Lawan Persija dan Persib Jadi Plan C PSSI Jika Timnas U-19 Gagal ke Luar Negeri

Selasa, 17 November 2020 16:17 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
© PSSI
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengaku telah menyiapkan plan C bila memang Timnas Indonesia U-19 batal bertolak ke luar negeri. Copyright: © PSSI
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengaku telah menyiapkan plan C bila memang Timnas Indonesia U-19 batal bertolak ke luar negeri.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengaku telah menyiapkan plan C bila memang Timnas Indonesia U-19 batal bertolak ke luar negeri. Rencana cadangan itu ialah Timnas U-19 tetap berada di Tanah Air dan akan melakukan laga uji coba melawan dua klub papan atas yakni Persija Jakarta atau Persib Bandung.

Namun meski tetap berada di Indonesia, Iriawan memastikan PSSI menyiapkan lawan-lawan kuat untuk Timnas Indonesia. Tak hanya Persija dan Persib, Arema FC juga berpotensi menjadi lawan uji coba Skuat Garuda Nusantara.

"Kalau tidak bisa keluar kami tetap di Indonesia, kami akan cari sparring partner yang kuat, kan ada tim senior yang bisa. Hanya permasalahan apakah diperbolehkan mereka dalam latihan tiba-tiba ada uji coba, itu yang jadi masalah buat kami, karena kalau di luar bisa uji coba," ucap Iriawan.

"Di sini (Indonesia) uji coba dengan tim kuat bisa saja seperti dengan Persija, Persib, Arema dan lain sebagainya itu plan C," tambahnya.

Meski begitu, Iriawan menegaskan masih berupaya keras untuk tetap mengirim Timnas U-19 ke luar negeri agar anak-anak asuh Shin Tae-yong itu benar-benar mendapat tempaan mental, teknik dan stamina yang sesungguhnya.

"Ini program kami, kami akan terus melakukan TC ke luar negeri. Yang diharapkan di sana itu uji coba, Selain latihan secara fisik, teknik dan stamina, uji coba penting," tutup Iriawan.

Sebagai informasi, PSSI hingga saat ini masih menggodok upaya mengirim kembali Timnas Indonesia U-19 ke luar negeri setelah sebelumnya menggelar pemusatan latihan di Kroasia. Setidaknya ada dua negara yang menjadi tujuan Timnas Indonesia U-19, yakni Korea Selatan dan Spanyol.