Diakui FIBA sebagai Pemain Lokal, Brandon Jawato Siap Bela Timnas Indonesia

Selasa, 17 November 2020 14:10 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Perbasi
Pemain Timnas Basket Indonesia naturalisasi, Brandon Jawato. Copyright: © Perbasi
Pemain Timnas Basket Indonesia naturalisasi, Brandon Jawato.

INDOSPORT.COM Brandon Jawato resmi berstatus sebagai pemain lokal Indonesia, sebagaimana diakui oleh Federasi Bola Basket Internasional (FIBA).

Keputusan ini menyusul suksesnya proses naturalisasi dua pemain basket, Brandon Jawato dan Lester Prosper pada Kamis (12/11/20) kemarin di Jakarta. Keduanya telah mengucap sumpah janji di kantor Kementerian Hukum dan HAM wilayah DKI Jakarta.

Satu hari setelahnya, Perbasi langsung mengirimkan paspor dan dokumentasi legal terkait kepada FIBA supaya kedua pemain itu bisa segera memperkuat Timnas Basket Indonesia.

FIBA melalui surat yang diteken oleh Sekjen Andreas Zagklis, menetapkan bahwan Brandon van Dorn Jawato bisa membela Timnas Indonesia “without restriction”. Kategori tersebut artinya Brandon bukan dianggap sebagai pemain naturalisasi yang memiliki “restriction”.

Dengan keputusan resmi FIBA ini maka atlet berusia 27 tahun itu akan berstatus sebagai pemain lokal Indonesia pada pergelaran Window 2 kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 mulai 23 November nanti di Manama, Bahrain.

“Akhirnya Brandon oleh FIBA dianggap sebagai pemain lokal. Ini sangat menguntungkan kita,” ucap manajer Timnas, Fareza Tamrela, dalam laman resmi Perbasi.

Dalam suratnya, FIBA mempertimbangkan beberapa faktor yang mendasari keputusannya tersebut, di antaranya adalah adanya darah Indonesia dari ayah Brandon dan partisipasi Brandon di kompetisi basket di tanah air serta durasi tinggal di Indonesia yang dinilai telah cukup lama (dari tahun 2015).

“Terima kasih kepada Perbasi yang ikut berjuang dalam hal ini. Kita juga berterima kasih kepada FIBA dengan keputusan itu. FIBA ternyata juga mengerti permasalahan Brandon. FIBA juga memberikan dukungan kepada Indonesia,” lanjut Fareza.

Timnas Basket Indonesia sendiri berada satu grup dengan Korea Selatan, Filipina, dan Thailand dalam kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 ini.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%