Profil Brandon Jawato dan Lester Prosper, Pebasket yang Baru Sah Jadi WNI

Jumat, 13 November 2020 17:21 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Lester Prosper, pemain basket yang baru sah dinaturalisasi. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Lester Prosper, pemain basket yang baru sah dinaturalisasi.

INDOSPORT.COM – Kabar gembira menyapa para pencinta basket Tanah Air, lantaran dua pemain asing yakni Brandon Jawato dan Lester Prosper resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Kedua pemain basket tersebut mengucap sumpah janji di kantor Kementerian Hukum dan HAM wilayah DKI Jakarta pada Kamis (12/11/20) kemarin, bersama bintang sepak bola Persija, Marc Anthony Klok.

Pada hari ini, Jumat (13/11/20), Brandon Jawato dan Lester Prosper akan segera membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan paspor. Selanjutnya, paspor kedua pemain itu akan langsung dikirim ke Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) supaya masuk dalam roster Timnas Basket Indonesia.

Kedua pebasket itu diproyeksikan untuk masuk dalam Timnas Indonesia, menyambut lanjutan kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Pengumuman final susunan skuad Timnas Indonesia sendiri akan dilakukan pada 20 November mendatang.

Sebelum melihat kiprah Brandon Jawato dan Lester Prosper di bawah panji-panji Merah Putih, mari mengenal lebih jauh profil kedua pemain basket ini.

Lester Prosper

Pelatih Timnas Basket Indonesia, Rajko Toroman, memanggil Lester Prosper sebagai pengganti Denzel Bowles yang dipulangkan ke Amerika Serikat karena tak memenuhi syarat, menjelang SEA Games 2019. Namun sayang, ia batal tampil di SEA Games 2019 karena proses naturalisasi yang belum rampung.

Pebasket bertinggi badan 209 cm itu sebelumnya berkewarganegaraan Britania Raya, kelahiran Virgins Island. Ia pernah bermain di British Basketball League sebelum hijrah ke Filipina.

Lester Prosper ketika bermain di Liga Bola Basket Filipina (PBA), membela tim Columbian Dyip di 2019 PBA Commissioner’s Cup. Ia juga sempat gabung tim San Miguel di East Asia Super League Terrific 12 di Macau.

Bigman ini kemudian ‘dititipkan’ ke tim Indonesia Patriots di IBL 2020 untuk menyatukan sinergi bersama skuat Timnas Basket Indonesia.