Bursa Transfer

Brutal! Pulangkan Jebolan La Masia, Barcelona Bikin 4 Pemain Ini Jadi Korbannya

Selasa, 17 November 2020 09:08 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
© Matt McNulty - Manchester City via Getty Images
Eric Garcia selaku jebolan La Masia yang kini bela Manchester City diharapkan bisa pulang ke Camp Nou. Barcelona sampai harus mengorbankan empat pemainnya lebih dulu di bursa transfer. Copyright: © Matt McNulty - Manchester City via Getty Images
Eric Garcia selaku jebolan La Masia yang kini bela Manchester City diharapkan bisa pulang ke Camp Nou. Barcelona sampai harus mengorbankan empat pemainnya lebih dulu di bursa transfer.

INDOSPORT.COM - Pembukaan bursa transfer musim dingin Januari 2021 nanti nampak dibuat oleh Barcelona untuk memulangkan pemain jebolan La Masia di Manchester City. Ironisnya, mereka sampai harus korbankan empat bintangnya.

Sebagaimana diketahui, kekuatan utama dari EL Barca sejatinya berasal dari lulusan para pemain akademi juniornya. Sebut saja kehadiran Carles Puyol yang melegenda, Xavi selaku playmaker terbaik pada masanya, dan pemain unggulan mereka saat ini, Lionel Messi.

Serangkaian penggunaan para pemain lulusan akademinya sendiri kian membuat taktik Tiki-Taka serasa begitu menakutkan, dan El Barca berhasil menjuarai banyak kompetisi berbeda sepanjang tahun. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, La Masia malah kini mati suri.

Ya, sebagian besar para pemain muda justru terbuang sia-sia oleh tindakan buruk pihak manajemen. Sebut saja Adama Traore yang kini menjadi andalan Wolverhampton Wanderers, lalu ada Takefusa Kubo yang malah membelot gabung Real Madrid.

Sadar akan menyia-nyiakan pemain produksinya sendiri lantas buat Barcelona sadar diri untuk kembali berbenah. Melansir laman berita Sport Bible, mereka sedang berusaha untuk memulangkan Eric Garcia dari Manchester City pada bursa transfer lanjutan.

Bek tengah alumni La Masia pada 2017 lalu ini kabarnya enggan mengikat kontrak kerjasama di Etihad Stadium dan berpotensi pulang kampung. Akan tetapi, Barcelona harus jual Martin Braithwaite, Samuel Umtiti, Junior Firpo, dan Carles Alena lebih dulu.

Sempat buat Timnas Prancis juara Piala Dunia tak membuat Umtiti bertahan gara-gara langganan cederanya. Braithwaite lebih tragis, dibeli sebagai striker darurat, performanya gagal masuk kriteria skema Ronald Koeman.

Kalah saing dengan Frenkie de Jong juga buat Alena tak bisa bertahan dan dikabarkan bakal berpindah ke Tottenham Hotspur. Terakhir, Junior Firpo yang ditebus 18 juta euro (Rp300 miliar) dari Real Betis setahun lalu, malah kian mengecewakan di LaLiga musim ini.

Brutalnya, keempat pemain tersebut memiliki harga jauh lebih mahal ketimbang Garcia. Diketahui sebelumnya Blaugrana gagal menebus harga dari Manchester City yang berkisar 15 juta euro (Rp250 miliar) pada jendela transfer musim panas lalu.

Lantas mengapa mereka sampai rela korbankan empat pemain hanya demi lulusan La Masia yang jauh lebih murah? Sederhana, Barcelona sedang alami krisis finansial sehingga harus punya mahar yang cukup tebus Eric Garcia dari Manchester City pada bursa transfer nanti.