Liga Indonesia

Gelandang Kelahiran Belanda Ini Sebut Persipura Tim Paling Susah Dikalahkan

Rabu, 18 November 2020 18:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Petrus Manus Da Yerrimon/INDOSPORT
Gelandang anyar Persita Tangerang, Raphael Maitimo. Copyright: © Petrus Manus Da Yerrimon/INDOSPORT
Gelandang anyar Persita Tangerang, Raphael Maitimo.

INDOSPORT.COM - Gelandang naturalisasi milik Persita Tangerang, Raphael Maitimo mengatakan Persipura Jayapura adalah tim yang paling sulit saat dihadapinya di Liga Indonesia. Tim asal Papua itu punya talenta hebat baik lokal maupun asing.

Maitimo menilai, Persipura punya semangat bertanding yang luar biasa. Tidak heran jika tim Mutiara Hitam telah meraih lima gelar dikompetisi Indonesia.

"Lawan terberat menurut saya di Liga Indonesia adalah Persipura. Fighting spirit mereka luar biasa dan skill pemainnya juga sangat tinggi," katanya.

Persipura meraih gelar juara pada 2005, 2009, 2011, 2013 dan 2016 (Indonesian Soccer Championship, bukan liga resmi FIFA). Tim tersebut punya sederet pemain bintang seperti Boaz Solossa, Ricardo Salampessy, Ian Louis Kabes hingga pemain muda seperti Rivaldo Ferre dan lainnya.

Persipura juga jadi satu-satunya klub Indonesia yang sejauh ini pernah tampil apik di kejuaraan Asia, Piala AFC. Tim Mutiara Hitam pernah melenggang hingga babak semifinal Piala AFC 2014 lalu.

Meski telah bermain di banyak klub Indonesia, Maitimo hanya pernah menghadapi Persipura saat berseragam Persib Bandung, Mitra Kukar, Arema Cronus (Arema FC saat ini) dan Sriwijaya FC. Pasalnya, dibeberapa klub lain seperti Persita Tangerang, Madura United, hingga Persebaya Surabaya pemain kelahiran Belanda itu tak banyak beraksi.

Sebelum Liga 1 2020 dihentikan akibat pandemi, Persipura Jayapura menempati peringkat keenam klasemem sementara dengan raihan enam poin dari tiga laga. Tim asuhan Jacksen Tiago jadi salah satu kandidat kuat juara musim ini.