Liga Inggris

Pembantaian Timnas Jerman Bikin Liverpool akan Ditinggal Jurgen Klopp?

Kamis, 19 November 2020 07:29 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
© Ryan Pierse/GettyImages
Jurgen Klopp kemungkinan besar bakal tinggalkan raksasa Liga Inggris, Liverpool dan bela Timnas Jerman usai Joachim Low terlihat sudah gagal. Copyright: © Ryan Pierse/GettyImages
Jurgen Klopp kemungkinan besar bakal tinggalkan raksasa Liga Inggris, Liverpool dan bela Timnas Jerman usai Joachim Low terlihat sudah gagal.

INDOSPORT.COM - Raksasa Liga Inggris, Liverpool kini mungkin hanya bisa gigit jari karena kepergian pelatih andalnya, Jurgen Klopp bisa benar terjadi. Apalagi hal ini usai Timnas Jerman alami kejadian paling memalukan saat bersua Spanyol di UEFA Nations League.

Semenjak datang dari Borussia Dortmund 2015 lalu, sudah sepantasnya jika maestro asal Negeri Panzer ini didapuk sebagai bagian penting The Reds. Bagaimana tidak? Ia berhasil sumbang trofi Liga Champions dan memutus kutukan liga domestik selama 30 tahun lamanya.

Kejeniusannya meracik skuat utama dengan modal seadanya kian buat Klopp menjadi pelatih paling bermakna seantero Anfield. Kegemilangannya pun terlihat, saat buat Liverpool punya catatan panjang kemenangan beruntun nyaris unbeaten di Liga Inggris musim lalu.

Namun, apa jadinya jika Jurgen Klopp malah memilih sudahi saja kerjasama dengan klub yang sudah dibelanya selama lima tahun? Hal ini benar-benar bisa jadi kenyataan setelah Joachim Low buat Timnas Jerman hancur lebur dalam satu pertandingan resmi.

Ya, Die Mannschaft tak berdaya ketika Alvaro Morata, Rodri, Mikel Oyarzabal, dan hattrick Ferran Torres sukses buat Timnas Spanyol berkuasa. Padahal, mereka seharusnya memiliki tembok terkuat dan Manuel Neuer si pemilik 200 clean sheets bersama Bayern Munchen.

Kondisi memperihatinkan ini pun kian buat PSSI-nya Jerman (DFB) akan mencari alternatif pengganti Low. Melansir laman berita Mirror, hal inilah yang menjadi saat-saat paling ditunggu oleh Klopp untuk punya alasan tinggalkan Liverpool, meski bukan waktu dekat.

Selain karena tuntutan keluarga, pelatih berusia 53 tahun ini punya rencana matang bertajuk 'Kekuatan 25 tahun.' Ketika masih berkepala tiga, ia menyebut akan mengakhiri karier kepelatihan setelah seperempat abad lamanya.

Setidaknya dia sudah tujuh tahun di Mainz, tujuh lainnya bareng Dortmund dan ketika kontraknya di Anfield habis pada 2024, sudah terhitung hampir 24 tahun. Tentu saja hal ini buat sang juru taktik asal Jerman akan mencoba torehan prestasi membanggakan lainnya.

Ketika punya kans bela Timnas Jerman, Jurgen Klopp malah dihadapkan masalah besar agar Liverpool bisa pertahankan gelar Liga Inggris musim ini. Tercatat ada 10 pemain inti yang alami masalah kesehatan hingga tak bisa turut serta bela klub. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%