Bola Internasional

Trio Wonderkid Bundesliga yang Bisa Masuk Skuat Euro Timnas Jerman

Jumat, 20 November 2020 15:58 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© M. Donato/FC Bayern via Getty Images
Pemain sepakbola Bayern Munchen, Jamal Musiala, jadi rebutan Inggris dan Jerman. Copyright: © M. Donato/FC Bayern via Getty Images
Pemain sepakbola Bayern Munchen, Jamal Musiala, jadi rebutan Inggris dan Jerman.

INDOSPORT.COM - Bundesliga punya sejumlah wonderkid yang bisa jadi aset masa depan Timnas Jerman, bahkan masuk skuat mereka untuk Euro 2020.

Seperti diketahui, turnamen sepak bola akbar empat tahunan tersebut sejatinya digelar pada 12 Juni sampai dengan 12 Juli 2020, namun terpaksa ditunda lantaran dunia diserang pandemi virus corona Covid-19.

Untuk itu, jadwal anyar Euro 2020 akan berlangsung pada 11 Juni sampai dengan 11 Juli 2021. Total 12 negara pun didapuk sebagai tuan rumah ajang ini.

Timnas Jerman tentu akan berusaha semaksimal mungkin di Euro 2020 untuk mengembalikan kejayaan mereka yang semakin pudar dimakan waktu, terakhir kali meraih trofi bergengsi di level internasional pada Piala Dunia 2014.

Di ajang Euro sendiri, mereka adalah juara edisi 1972, 1980, dan 1996. Akan tetapi, edisi kali ini akan jadi jalan penuh batu kerikil bagi Jerman, mengingat mereka ada di grup neraka bersama Portugal dan Prancis.

Bicara soal kekuatan skuat, Der Panzer saat ini dihuni oleh pemain-pemain seperti Timo Werner, Serge Gnabry, Leroy Sane, Julian Brandt, dan Manuel Neuer.

Klub-klub top Eropa memang menjadi ladang bermain sejumlah bintang Timnas Jerman, namun tidak sedikit pula yang lebih memilih merumput di negeri sendiri, sebut saja Neuer yang hanya membela Schalke 04 dan Bayern Munchen sepanjang kariernya.

Selain pemain-pemain senior, Bundesliga Jerman juga memiliki sejumlah talenta muda yang mungkin bisa masuk skuat Timnas Jerman untuk Euro 2020. Siapa saja para bintang muda nan potensial tersebut?

Jamal Musiala (Bayern Munchen)

Pemain yang satu ini pernah membela klub Liga Inggris, Chelsea, selama periode 2011 sampai dengan 2019 sebelum akhirnya hijrah ke Bayern Munchen demi pengalaman bermain yang lebih baik.

Pasalnya, selama membela tim junior The Blues, Musiala tidak pernah berhasil menembus skuat utama. Alhasil, pindah ke Die Roten jadi solusi terbaik untuk memperbaiki kariernya.

Beranjak dari tim U-17, ia kemudian dipromosikan ke U-19, ke U-23 lalu ke tim utama. Pemain kelahiran 26 Februari 2003 tersebut melakoni debut resmi di ajang Bundesliga Jerman pada 20 Juni 2020 saat melawan Freiburg.

Jamal Musiala lahir di Stuttgart namun menghabiskan sebagian masa kecilnya di Inggris. Hal ini pun membuat dirinya jadi rebutan dua negara.

Ia bahkan mendapat amanat menjadi kapten di Timnas Inggris U-17 bersama pemain muda lainnya yakni Jude Bellingham. Banyak yang memprediksi Musiala akan memilih The Three Lions sebagai Timnas seniornya kelak.

Pasalnya, ia sudah terbiasa dengan wajah-wajah familiar usai bermain di Timnas Inggris U-15, U-17, dan U-21. Akan tetapi, pemain yang kini berusia 17 tahun tersebut pernah membela Timnas Jerman U-16.

Jadi, Timnas senior manakah yang akan dipilih Jamal Musiala nantinya?

Youssoufa Moukoko (Borussia Dortmund)

Pemain kelahiran 20 November 2004 ini merupakan salah satu calon bintang masa depan yang sangat dinanti sepak terjangnya di level profesional. Usianya kini masih sangat muda, yakni 16 tahun.

Prestasi yang diraih Moukoko tidak main-main. Ia sudah berlatih bersama tim senior Borussia Dortmund dan bermain untuk Timnas Jerman U-20 yang mana cukup jauh dari kelompok umurnya.

Mungkin Moukoko terlihat terlalu muda untuk berada di tim senior, tapi Joachim Low bisa mempertimbangkan segalanya ketika sang pemain nanti sudah debut secara resmi di Bundesliga Jerman.

Florian Wirtz

Lahir di Pulheim, Jerman, 3 Mei 2003, Wirtz direkrut ke Bayer Leverkusen dari tim U-17 FC Koln pada Januari 2020. Kini setelah Kai Havertz pergi, tugasnya di skuat dipastikan akan bertambah berat.

Ia adalah pemain termuda yang pernah bermain untuk Timnas Jerman U-21 ketika usaianya masih 17 tahun 5 bulan 7 hari. Rasa-rasanya tidak berlebihan jika publik berharap dirinya akan bergabung dengan skuat Der Panzer di level senior.

Ya, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang tersebut sudah membela Timnas Jerman di seluruh kelompok usia, mulai dari U-15, U-16, U-17, dan kini U-21.

Kans baginya untuk berlaga di Euro 2020 pun terbuka cukup lebar, hanya tinggal menunggu waktu saja sampai Joachim Low memanggilnya ke tim senior.

Sebelumnya, Erik Durm dan Shkodran Mustafi bahkan berhasil menembus skuat untuk Piala Dunia 2014 meski mereka baru saja melakoni debut senior beberapa pekan sebelum turnamen dimulai. Jadi, apa yang tidak mungkin bagi Florian Wirtz?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%