In-depth

Menanti Debut Wonderkid Dortmund Youssoufa Moukoko di Bundesliga Jerman

Kamis, 19 November 2020 19:41 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Wonderkid Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko, siap mengguncang Bundesliga Jerman. Copyright: © Twitter@Eurosport_DE
Wonderkid Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko, siap mengguncang Bundesliga Jerman.

INDOSPORT.COM - Wonderkid Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko, tengah menanti momen debutnya di ajang Bundesliga Jerman.

Pemain kelahiran 20 November 2004 ini merupakan salah satu calon bintang masa depan yang sangat dinanti sepak terjangnya di level profesional. Memang, jalannya masih sangat jauh, mengingat ia kini masih berusia 15 tahun.

Akan tetapi, Moukoko bisa segera mewujudkan mimpinya berlaga di Bundesliga Jerman ketika Borussia Dortmund menghadapi Hertha Berlin akhir pekan ini.

Pasalnya, laga tersebut bakal dilangsungkan satu hari setelah ulang tahunnya yang ke-16. Dengan demikian Moukoko memenuhi syarat yang telah ditetapkan pihak Bundesliga bagi para pemain muda yang ingin debut di tim senior.

Aturan menyebut, para pemain ini harus mencapai usia minimal 16 tahun untuk bisa bergabung dengan tim senior. Jelas, ini adalah kesempatan emas bagi Moukoko yang bahkan sudah diizinkan membela Timnas U-20 meski masih sangat belia.

Moukoko pindah dari Kamerun pada 2014 bersama sang ayah yang merupakan warga negara Jerman. Ia telah berlatih bersama Borussia Dortmund sejak Januari 2020 dan berpotensi menginjakkan kaki di Bundesliga setidaknya sebelum tahun ini berakhir.

Sudah berlatih bersama tim senior di bawah asuhan Lucien Favre, apakah Moukoko sudah siap untuk debut di Bundesliga? Apalagi, mengingat umurnya yang masih begitu muda.

Namun jika berbicara soal usia, Moukoko bukanlah satu-satunya pemain debutan paling hijau di kompetisi sepak bola tertinggi Jerman tersebut. Sebelumnya, sejarah sudah mencatat nama Nuri Sahin dan Yann Bisseck.

Nuri Sahin selaku pemegang rekor debut di usia 16 tahun 11 bulan 1 hari pun juga sudah angkat bicara tentang potensi debut Youssoufa Moukoko, yang jelas bakal mematahkan pencapaiannya.

Sahin yang debut di laga Borussia Dortmund kontra Wolfsburg pada Agustus 2006 menyambut baik wacana mengorbitkan Moukoko, bahkan ia juga tidak keberatan rekornya harus terpatahkan oleh sang junior.

“Saya senang karena dia adalah salah satu pemain kami. Ketika aturan tersebut (usia wajib debut) keluar, saya langsung menyadari bahwa rekor saya pasti segera pecah,” kata Nuri Sahin kepada Kicker.

Di mata Sahin, Moukoko sudah selayaknya diberi kesempatan untuk tampil bersama tim senior di Bundesliga Jerman. Menurutnya, Moukoko rasa-rasanya terlalu bagus jika hanya disimpan untuk tim U-19.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%