Liga Indonesia

Main Bareng, Begini Penuturan Rekan Setim Sebelum Ricky Yacobi Meninggal Dunia

Sabtu, 21 November 2020 12:45 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Pipit Puspita Rini
© Yohanes Ishak/INDOSPORT
Ricky Yacobi sedang memantau saat timnya sedang latihan. Copyright: © Yohanes Ishak/INDOSPORT
Ricky Yacobi sedang memantau saat timnya sedang latihan.

INDOSPORT.COM - Kabar duka kembali menghampiri dunia sepak bola Indonesia. Mantan pemain Timnas Indonesia, Ricky Yacobi atau yang lebih dikenal dengan Ricky Yacob, meninggal dunia pada Sabtu (21/11/20) pagi.

Almarhum diduga meninggal dunia karena serangan jantung saat bermain sepak bola persahabatan "Trofeo Medan Selection" di Lapangan A Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, dan sempat dilarikan ke Rumah Sakit Mintoharjo.

Salah satu rekan setim Ricky Yacob di laga itu, Slamet Riyadi, menceritakan sedikit kronologi kolapsnya Ricky di lapangan.

"Waktu itu dia habis ngegolin. Tiba-tiba saja dia langsung jatuh," kata Slamet saat dihubungi awak media di Medan.

Sementara itu, salah satu rekan main Ricky di laga itu, Sangap, mengaku sempat memberi pertolongan pertama. Sempat sadarkan diri, Ricky langsung dilarikan ke Rumah Sakit Mintoharjo, namun nyawanya tak tertolong.

"Bang Ricky sempat sadar setelah jantungnya saya pompa. Lalu dibawa ke rumah sakit. Setelah itu dokter menyatakan dia meninggal," kata Sangap.

Ricky Yacobi merupakan pemain kelahiran Medan, 12 Maret 1963. Karier sepak bolanya dimulai saat membawa PSMS Junior dan menjuarai Piala Soeratin 1980, kemudian berlanjut ke tim senior PSMS pada 1982.

Selain itu, Ricky sempat memperkuat tim-tim liga Indonesia lain seperti Arseto Solo dan PSIS Semarang, serta memperkuat klub Liga Jepang, Matsushita FC (sekarang bernama Gamba Osaka).

Ricky juga memperkuat Timnas Indonesia di berbagai ajang, terutama Asian Games 1986 yang melambungkan namanya. Dia juga memperkuat Indonesia saat meraih medali emas pada SEA Games 1987.